Kisi-Kisi Spesifikasi iPhone 16 dari Warna hingga Fitur AI

Berbagai rumor beredar mengenai kamera, warna, hingga salah satu fitur andalan iPhone 16.

Rika Anggraeni

14 Apr 2024 - 21.12
A-
A+
Kisi-Kisi Spesifikasi iPhone 16 dari Warna hingga Fitur AI

iPhone 15. /Apple

Bisnis, JAKARTA — Apple dikabarkan akan meluncurkan  iPhone 16 pada September 2024. Meski masih sekitar 5 bulan dari rencana, bocoran spesifikasinya sudah terkuak.

Mengutip bisnis.com yang melansir dari Tom’s Guide, Minggu (14/4/2024), iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan menggunakan tata letak kamera vertikal untuk mendukung perekaman video spasial. Telepon pintar tersebut juga akan memiliki RAM 8GB.

Salah satu rumor menyebutkan ‌iPhone 16‌ akan menampilkan baterai yang lebih besar dari pendahulunya, sedangkan ‌iPhone 16‌ Plus mungkin memiliki kapasitas yang lebih kecil. 

Ponsel ini juga disebut-sebut mengalami peningkatan sebesar 6% dibandingkan iPhone 15. Sementara itu, iPhone 16 Plus dikabarkan mengalami pengurangan kapasitas sebesar 9%.

Baca juga: Elon Musk Kenalkan xAI Grok, Multimoda Pesaing ChatGPT

Di sisi lain, Apple berpotensi menggunakan teknologi baterai bertumpuk untuk meningkatkan kepadatan energi dan memperpanjang masa pakai. Rumor lainnya adalah fitur AI generatif.

Dikabarkan, Apple siap memasukkan fitur AI yang mungkin menyertai iOS 18. AI Generatif dapat hadir dalam bentuk fitur yang disebut “Siri Summarization”, yang dapat menghubungkan asisten suara Apple ke API ChatGPT. 

Selain Siri, fitur AI generatif juga dapat hadir di area lain, seperti alat AI untuk pengembang, serta pembuatan daftar putar Apple Music.

Di sisi foto dan video, juga dilaporkan bahwa Apple sedang berupaya mengembangkan model AI yang memungkinkan pengeditan foto dilakukan berdasarkan instruksi dari pengguna. Sayangnya, belum ada banyak detail tentang fungsi pengeditan apa yang bisa dilakukan.

Beralih ke sisi layar, iPhone 16 dikabarkan memiliki layar berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci. Namun, peningkatan terbesar pada iPhone 16 terkait layar berpusat pada bahan OLED baru yang dipasok oleh Samsung yang secara efektif meningkatkan efisiensi daya. 

Kemungkinan lainnya adalah Apple dapat beralih ke layar MicroLED yang akan memperkuat kecerahan dan warna layar, sekaligus menggunakan lebih sedikit daya.

Meski iPhone 16 masih mungkin mewarisi chip A17 Pro yang diluncurkan bersama model iPhone 15 Pro, rumor lain menyebutkan bahwa keempat model iPhone 16 akan berjalan pada chip A18 3 nanometer. Namun, iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan mendapatkan versi yang sedikit lebih bertenaga.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 16: Warna, Kamera Vertikal, hingga AI

Bocoran lainnya menunjukkan bahwa iPhone 16 akan mengadopsi Wi-Fi 6e yang memberikan akses ke band 6GHz. Artinya, iphone 16 dikabarkan memiliki kecepatan lebih tinggi dan mengurangi interferensi dari perangkat Wi-Fi pesaing.

Serta, iPhone 16 Plus juga akan mendapatkan dua pilihan baru, yaitu putih dan ungu, di samping warna hitam, biru, hijau, merah muda dan kuning yang sudah ada di Phone 15 dan iPhone 15 Plus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.