KoinWorks Bank Bakal Jadi BPR Digital Pertama, Sudah Profit

KoinWorks Bank mencatat perolehan laba di tahun berjalan KoinWorks Bank mencapai Rp1,2 miliar, dengan return on asset (ROA) 2,73% pada kuartal I/2024.

Redaksi

6 Jun 2024 - 22.09
A-
A+
KoinWorks Bank Bakal Jadi BPR Digital Pertama, Sudah Profit

Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - KoinWorks Bank akan segera bertransformasi menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) digital pertama di Indonesia. Sepanjang kuartal I/2024 pun, KoinWorks Bank telah mencatatkan laba. 

Co-Owner KoinWorks Bank Benedicto Haryono mengklaim mampu menyediakan layanan keuangan yang cepat dan aman akan memberikan dampak positif yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat Indonesia. Layanannya, terutama memfasilitasi UMKM agar dapat terlayani dengan maksimal mendorong pertumbuhan bisnis.

KoinWorks Bank menyediakan pinjaman bisnis dan individu, serta investasi dengan deposito berjangka. Produk pinjaman yang ditawarkan meliputi pinjaman modal kerja usaha, pinjaman investasi menunjang usaha, kredit kepemilikan rumah, hingga pinjaman multiguna. 

Sementara itu, dengan pilihan deposito berjangka, KoinWorks Bank memberikan kesempatan kepada nasabah mengelola dan mengoptimalkan dana dengan tingkat suku bunga yang kompetitif. Dengan suku bunga menarik, dan tenor yang beragam, KoinWorks Bank memberikan fleksibilitas kepada nasabah menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensinya.

Produk yang ditawarkan oleh KoinWorks Bank beragam, di antaranya adalah deposito dengan tingkat suku bunga setara BPR yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan pinjaman dengan agunan aset tetap melalui proses yang mudah, nyaman, dengan persetujuan cepat.

“Saat ini KoinWorks Bank telah membukukan profitabilitas. Pertumbuhan kredit dan aset yang signifikan dari KoinWorks Bank berkontribusi pada laba yang berkelanjutan, yang sekaligus membuktikan KoinWorks Bank sebagai lembaga intermediasi keuangan yang sukses mencapai target usahanya,” terangnya, dikutip Kamis (6/6/2024).

Baca Juga :

Ilustrasi akltivitas nasabah di Kantor Cabang KoinWorks Bank./Istimewa

Adapun, perolehan laba di tahun berjalan KoinWorks Bank mencapai Rp1,2 miliar, dengan return on asset (ROA) 2,73%. Angka ini meningkat dibandingkan dengan masa transisi perubahan menjadi KoinWorks Bank pada Oktober 2023 dengan ROA minus (-10,4%). 

Dari sisi rasio beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO) berhasil ditekan menjadi 77,3% sepanjang awal tahun ini. Bersamaan dengan itu pertumbuhan kredit pada kuartal I/2024 mencapai 134%.

Dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah, KoinWorks Bank memastikan status non performing loan (NPL) KoinWorks Bank terjaga pada 0,01%, dengan pertumbuhan laba yang meningkat sejak Oktober 2023. Saat ini aset yang dikelola KoinWorks Bank tercatat meningkat 159% sejak Oktober 2023. 

Baca Juga :

Direktur Utama KoinWorks Bank Joko Purwanto menjelaskan BPR digital ini tengah bergerak dan berproses menjadi bank yang besar dengan pertumbuhan yang berkualitas, dan terus memperkuat fondasi melalui pengembangan SDM, peningkatan infrastruktur bisnis, risiko dan operasional, dan hubungan dengan pemangku kepentingan. 

"Dalam waktu dekat ini kami akan memindahkan kantor pusat ke Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, dan akan segera beroperasi untuk melayani pelanggan kami. Saat ini KoinWorks Bank telah memiliki kantor kas di Jakarta Selatan yang telah beroperasi sejak November 2023. Pada tahun ini, KoinWorks Bank juga akan memperluas layanan dengan membuka cabang baru di Jabodetabek dan menggarap potensi pasar UKM komersil di beberapa kota di Indonesia,” jelasnya.

KoinWorks Bank berencana mengintegrasikan portofolio nasabahnya ke dalam aplikasi KoinWorks melalui kerja sama dengan PT Sejahtera Lunaria Annua sebagai pengelola aplikasi KoinWorks. Dengan ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi menyediakan fasilitas bagi seluruh pengguna mengelola aset dalam satu ekosistem KoinWorks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.