Kokok Emiten Unggas Nikmati Kenaikan Laba 2023

Ruang margin yang lebih lebar segmen pakan dan harga daging ayam yang stabil dapat menjadi sinyal positif bagi prospek emiten sektor perunggasan. Situasi tersebut juga dapat menjadi pendorong utama perbaikan kinerja.

Asteria Desi Kartikasari

4 Des 2022 - 19.42
A-
A+
Kokok Emiten Unggas Nikmati Kenaikan Laba 2023

Widodo Makmur Unggas punya visi menjadi perseroan terbesar di asia tenggara dalam penyediaan produk pangan berbasis protein hewani dengan prinsip, tumbuh dan sukses bersama. /Widodo Makmur Unggas

Bisnis, JAKARTA— Ruang margin yang lebih lebar segmen pakan dan harga daging ayam yang stabil dapat menjadi sinyal positif bagi prospek emiten sektor perunggasan. Situasi tersebut juga dapat menjadi pendorong utama perbaikan kinerja. 

Hingga akhir kuartal III/2022, mayoritas emiten unggas melaporkan penurunan laba bersih. Kondisi itu sebagai imbas dari beban yang naik akibat harga tinggi bahan baku yang berlanjut. Misalnya saja, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA) membukukan kenaikan penjualan hingga akhir kuartal III/2022. Beban bahan baku yang meningkat membuat laba bersih Japfa melanjutkan koreksi jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Berdasarkan laporan keuangan per September 2022 yang belum diaudit, penjualan Japfa selama sembilan bulan di 2022 mencapai Rp36,79 triliun, tumbuh 12,16 persen secara yoy dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya Rp32,80 triliun.

Pada periode tersebut, beban pokok penjualan Japfa tercatat naik sebesar 14,08 persen menjadi Rp30,64 triliun, dibandingkan dengan Rp26,86 triliun pada akhir kuartal III/2021. Alhasil, laba bersih JPFA tergerus 5,24 persen secara tahunan menjadi Rp1,42 triliun, dari sebelumnya Rp1,50 triliun. Meski demikian, laju penurunan ini membaik dibandingkan dengan koreksi sepanjang semester I/2022 yang mencapai  17,93 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kokok Emiten Unggas Nikmati Kenaikan Laba 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.