Kolaborasi 3 Pengembang Bangun Perumahan MBR Seluas 46 Hektare di Bogor

Rencananya, di atas lahan seluas 46 hektare di kecamatan Ciampea dan Cibungbulang, Bogor akan dibangun sebanyak 3.500 unit rumah, subsidi dan komersil.

Yanita Petriella

21 Feb 2024 - 21.51
A-
A+
Kolaborasi 3 Pengembang Bangun Perumahan MBR Seluas 46 Hektare di Bogor

Ilustrasi Jual Beli Rumah. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Wilayah Bogor bagian barat semakin berkembang menjadi kawasan hunian bagi kalangan masyarakat berpenghasilan menengah-bawah. Dalam 5 tahun terakhir, Bogor bagian barat menjadi salah satu kawasan penyangga Jakarta.

Kehadiran kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) di Dramaga Bogor dan pembangunan jalan tol Sentul – Yasmin yang diteruskan hingga Dramaga Bogor Outer Ring Road (BORR) membuat kawasan Dramaga semakin menarik.

Sejalan dengan membaiknya akses ke Dramaga dan rencana pembangunan jalan tol yang melewati kawasan Ciampea ini menarik minat para pengembang membangun kawasan hunian dan areal komersial. Adapun di kawasan mulai menjamur perumahan murah bersubsidi dan hunian menengah ke atas dengan harga jual berkisar Rp180 juta hingga di atas Rp400 juta 

Tingginya tingkat permintaan hunian di Bogor membuat 3 pengembang properti yakni Delta Group, Kharisma Group, dan Imanan Holding berkolaborasi dan membentuk perusahaan konsorsium PT Bahana Imanan Suksestama dengan komposisi saham yang sama untuk menggarap kawasan Perumahan Graha Arraya

Direktur Utama PT Bahana Imanan Suksestama Endang Kawidjaja mengatakan Perumahan Graha Arraya merupakan proyek perumahan yang awalnya bernama Pesona Alam Dramaga yang dibangun oleh PT Randu Alas. Dalam perkembangannya, proyek yang dibangun tahun 2018 itu mangkrak karena pemegang sahamnya meninggal dunia.

Melihat lokasinya yang sangat strategis dan ditambah pengalaman Delta Group mengembangkan tiga perumahan di Bogor Barat yakni Puri Aradea, Puri Arraya 1 dan 2, lanjutnya, maka diputuskan untuk mengakuisi proyek tersebut.

“Kami kemudian ambil alih, mengakuisisi proyek itu senilai Rp192 miliar. Dananya Rp100 miliar dukungan dari Bank BTN dan sisanya dari internal perusahaan konsorsium,” ujarnya, Rabu (21/2/2024). 

Rencananya, di atas lahan seluas 46 hektare di kecamatan Ciampea dan Cibungbulang, Bogor akan dibangun sebanyak 3.500 unit rumah subsidi dan komersil.

Pada tahap awal, pengembang telah membangun 300 unit rumah bersubsidi dan ditargetkan dapat terjual seluruhnya pada bulan April. Untuk menarik minat masyarakat, pengembang membangun rumah murah bersubsidi dengan harga jual mulai Rp180 jutaan untuk hunian tipe 27/60. 

“Cukup dengan hanya membayar uang muka Rp1 juta (all inn), konsumen sudah bisa melakukan akad kredit dan bisa memiliki hunian tipe 27/60. Promosi ini terbatas hanya untuk 300 unit rumah bersubsidi saja. Hari ini saja sudah 58 orang yang melakukan akad kredit. Ada 120 orang yang sedang proses di bank. Bank BTN memberikan dukungan penuh mulai dari pembiayaan kredit modal kerja sampai KPR-nya,” kata Endang. 

Baca Juga: Memacu Pembiayaan Syariah Demi Entaskan Masalah Bom Waktu Backlog Perumahan


Direktur Utama Kharisma Arianto Prasetio menuturkan ketertarikannya masuk dalam konsorsium PT Bahana Imanan Suksestama karena memiliki pengalaman yang sana. Selain itu juga aktif dalam organisasi pengembang dimana Kharisma Group merupakan anggota Real Estat Indonesia (REI), Imanan Holding anggota Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), dan Delta Group masuk dalam keanggotaan Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra). 

“Kharisma Group dengan Delta misalnya saat ini juga masih punya proyek bersama di Cilegon. Demikian juga Imanan Holding yang sebelumnya mengembangkan berbagai proyek perumahan di kawasan Bekasi, Cibitung dan Cikarang,” terangnya.  

CEO Imanan Holding Firman Budiman menuturkan Perumahan Graha Arraya mengusung konsep nuansa hijau dan one stop living. Di area perumahan tersedia fasilitas sarana ibadah, sarana olahraga, fitness outdoor, taman bermain, dan lainnya

“Selain ruko dan rukan, tepat di area depan perumahan, kami akan bangun rumah sakit tipe C serta fasiltas pendukungnya,” ucapnya. 

Firman membidik pembeli Perumahan Graha Arraya tidak hanya masyarakat Bogor dan sekitarnya tetapi juga warga Depok dan Serpong, 

“Dengan track record sebagai pengembang yang berpengalaman baik, kami yakin dalam 6-7 tahun ke depan pengembangan Graha Arraya bisa kami selesaikan,” tuturnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.