Kolaborasi Bank di Ekosistem Digital Pacu Kredit Konsumsi

Permintaan kredit dari kelompok perorangan, terutama segmen konsumsi yang terus naik menjadi perhatian perbankan untuk memperkuat strategi dalam mendongkrak penyaluran pembiayaan.

Dionisio Damara & Rika Anggraeni

4 Nov 2021 - 14.42
A-
A+
Kolaborasi Bank di Ekosistem Digital Pacu Kredit Konsumsi

Ilustrasi/Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Kalangan perbankan memperkuat kolaborasi dengan sejumlah entitas bisnis di lini digital guna meningkatkan pertumbuhan kredit konsumsi di tengah momentum pemulihan ekonomi yang tengah terjadi.

Jika melihat data hingga September 2021, penyaluran kredit untuk golongan debitur perorangan tumbuh 5,1% secara tahunan. Sementara itu, dilihat dari jenis penggunaan, kredit konsumsi menguat 2,9% year-on-year (YoY).

Penopang utama pertumbuhan pembiayaan konsumsi yakni dari kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit tanpa agunan (KTA). Khusus KTA, hingga September 2021 pertumbuhannya sebesar 2% YoY. Adapun, sepanjang Januari—September 2021, segmen KTA tumbuh 1,21%. (Lihat infografik)

Upaya menggenjot kredit dari segmen konsumsi tecermin dari langkah sejumlah bank yang rajin mengembangkan kerja sama dengan sejumlah entitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.