Kolaborasi Demi Integrasikan Data Pajak Kendaraan Bermotor

Bagi pemilik kendaraan bermotor yang belum membayar pajak, bersiap-siaplah karena pemerintah tengah merancang pengelolaan secara terpusat (single data).

Emanuel Berkah Caesario

23 Jul 2022 - 21.11
A-
A+
Kolaborasi Demi Integrasikan Data Pajak Kendaraan Bermotor

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah tengah merancang pengelolaan secara terpusat atau single data bagi pajak kendaraan bermotor (PKB) demi meningkatkan kepatuhan pembayaran oleh masyarakat. Inisiatif ini dibentuk dengan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan di Kantor Bersama Samsat.

Para pemangku kepentingan yang terlibat antara lain Polri, Kementerian Dalam Negeri, pemda, dan Jasa Raharja. Kerja sama ini bakal mengatasi tantangan yang selama ini ada yakni belum terintegrasinya data yang ada di tiap instansi.

Berdasarkan data dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, jumlah kendaraan bermotor pada tahun 2020 mencapai 110.445.615 unit. Dari jumlah kendaraan tersebut yang membayar PKB baru mencapai 63.957.243 unit atau setara 58 persen.

Adapun data dari PT Jasa Raharja (Persero), seperti diungkapkan Direktur Utama Rivan A. Purwantoro, menyebutkan terdapat 40 juta unit kendaraan atau 39 persen dari total kendaraan belum membayar PKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kolaborasi Demi Integrasikan Data Pajak Kendaraan Bermotor

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.