Kolaborasi Pengembang dan Pemda Dibutuhkan Bangun Infrastruktur Konektivitas

DIbutuhkan sinergi antara pengembang dan pemerintah dalam membangun infrastruktur dan ekonomi suatu daerah.

Yanita Petriella

24 Apr 2024 - 17.14
A-
A+
Kolaborasi Pengembang dan Pemda Dibutuhkan Bangun Infrastruktur Konektivitas

Ilustrasi jalan

Bisnis, JAKARTA – Konektivitas dan aksesibilitas jalan menjadi faktor dalam pencarian hunian. 

Pengamat Tata Kota dari Univesitas Trisakti Yayat Supriatna mengatakan pengembang properti sangat berkontribusi dalam berkembangnya suatu kawasan. Dia mencontohkan kawasan Serpong yang berkembang dengan pesat dan terkoneksinya sejumlah ruas akibat kolaborasi pengembang dalam membuka jalan. Peran swasta sangat besar dalam berkontribusi membangun infrastruktur sebuah kawasan. 

“Wilayah yang tak dikelola pengembang, infrastrukturdibangun pemerintah seolah ala kadarnya. Jalan-jalan rusak dan berlubang dibiarkan begitu saja selama bertahun-tahun, berbeda dengan pengembang yang membangun jalan mulus, lebar dengan pedestrian,” ujarnya, Selasa (23/4/2024). 

Namun demikian, para pengembang diharapkan juga berkontribusi dalam membangun konektivitas transportasi umum. Hal ini untuk mengurangi beban kemacetan di Jakarta. Pasalnya, Jakarta masih menjadi tujuan bekerja masyarakat komuter. 

Dia berharap adanya sinergi antara pengembang dan pemerintah sehingga dapat membangun jejaring bersama. Jika sudah ada developer yang membiayai pembangunan infrastruktur dengan inisiatifnya, maka pemerintah harus mendukung dari segi perizinan.

Baca Juga: Menggarap Ceruk Pasar Hunian Segitiga Emas Baru Dekat Tol Cimaci


Sementara itu, Direktur Sales & Marketing Progress Group Meyrick Sumantri menuturkan untuk meningkatkan konektivitas, pengembang mulai membangun jalan penghubung di Ciputat, Tangerang Selatan, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise Resort City. Jalan yang akan menghubungkan Jl. Aria Putra dan Jl. H. Taip ini ditargetkan akan selesai di tahun ini. 

“Jalan penghubung ini sangat strategis dalam pengembangan Paradise Resort City yang berkelanjutan. Jalan penghubung ini dapat melancarkan mobilitas warga Paradise Resort City dan warga sekitarnya,” katanya Selasa (23/4/2024). 

Menurutnya, infrastruktur yang baik menjadi pondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Jalan baru ini diharapkan tidak hanya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat lokal tetapi juga membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan pengembangan properti di Ciputat.

“Karena tidak hanya sebatas jalan alternatif penghubung, tapi jalanan baru ini juga akan memiliki fasilitas kuliner di sisinya dengan konsep alfresco dining, yang akan segera diisi oleh brand-brand besar di dunia F&B,” tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.