Komando OJK Telaah Pengenaan Bunga Tinggi Pinjol AdaKami

Buntut dari kasus pinjaman online atau pinjol platform fintech PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), Otoritas Jasa Keuangan meminta asosiasi mengkaji kesesuaian bunga dan biaya administrasi.

Pernita Hestin Untari

3 Okt 2023 - 17.23
A-
A+
Komando OJK Telaah Pengenaan Bunga Tinggi Pinjol AdaKami

Direktur Utama PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) Bernardino Moningka Vega Jr (kanan) menyampaikan paparan didampingi Government Relations Manager AdaKami Anna Urbinas saat kunjungan ke redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Senin (2/10/2023)./Bisnis - Suselo Jati.

Bisnis,JAKARTA — Buntut dari kasus pinjaman online atau pinjol platform fintech PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), Otoritas Jasa Keuangan meminta asosiasi mengkaji kesesuaian bunga dan biaya administrasi.

Dalam hal ini OJK meminta Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Hal itu dilakukan seiring dengan adanya keluhan terhadap bunga pinjaman di AdaKami yang terlalu tinggi yang viral di media sosial.

“OJK telah memerintah AFPI untuk menelaah kesesuaian pengenaan bunga dan biaya administrasi yang dikenakan oleh AdaKami dengan Code of Conduct AFPI,” kata Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Edi Setijawan kepada Bisnis, Senin (3/10/2023).

Sebelumnya, Brand Manager AdaKami Jonathan Kriss mengatakan, AdaKami menyediakan dua produk kepada nasabah, yaitu pay day loan atau bayar harian dan installment yang dicicil. Lebih mendetail, untuk pay day loan, AdaKami menawarkan produk 14-21 hari. Untuk produk ini, AdaKami menawarkan maksimum limit hingga Rp80 juta dengan maksimum service fee sebesar 0,4 persen per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.