Komitmen BUMI Resources Terapkan Kesetaraan Gender untuk SDGs

PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) melalui anak usaha PT Kaltim Prima Coal (KPC), memegang teguh nilai gender equality dalam proses rekrutmen, jenjang karier, hingga penempatan tenaga kerja.

Ibeth Nurbaiti

20 Feb 2024 - 15.14
A-
A+
Komitmen BUMI Resources Terapkan Kesetaraan Gender untuk SDGs

PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) melalui anak usaha PT Kaltim Prima Coal (KPC), memegang teguh nilai gender equality dalam proses rekrutmen, jenjang karier, hingga penempatan tenaga kerja. Istimewa-bumiresources.com

Bisnis, JAKARTA — Sebagai perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) berkomitmen penuh mewujudkan dunia usaha yang berbasis pada kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam kegiatan usaha perseroan.

Terlebih, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan menjadi salah satu poin penting dalam tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs) yang digaungkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Di sisi lain, sektor pertambangan identik dengan maskulinitas yang didominasi oleh pekerja laki-laki. Ketimpangan gender kerap terjadi di sektor tambang, tidak hanya dari segi jumlah pekerja tetapi juga dari upah dan perlakuan di tempat kerja. 

Perempuan acapkali dianggap sebagai sosok yang lebih lemah dibandingkan dengan laki-laki. Keberadaan pekerja perempuan yang berdaya di area tambang batu bara, bahkan terbilang langka.

Namun, melalui anak usaha PT Kaltim Prima Coal (KPC), BUMI memegang teguh nilai gender equality dalam proses rekrutmen, jenjang karier, hingga penempatan tenaga kerja. Dengan kata lain, sistem dan prosedur yang diterapkan oleh perusahaan adalah memberikan kesempatan karyawan untuk bekerja dan berkarier tanpa membedakan gender.

“Rekrutmen dan jenjang karier karyawan di KPC berdasarkan kompetensi dan kualifikasi, bukan pada jenis kelamin,” kata President Director BUMI Adika Nuraga Bakrie dalam keterangannya, Selasa (20/2/2024).

Baca juga:

Ekspansi Bumi Resources (BUMI) Sasar Penghiliran Batu Bara

Kisah Jatuh Bangun Bumi Resources (BUMI) dari Tangan ke Tangan

Indonesia di Ambang Era Baru Tambang Batu Bara Bawah Tanah

Transisi Energi dan Ramalan Nasib Pekerja Tambang Batu Bara

Kebijakan ini, menurutnya, terbukti dengan banyaknya karyawan perempuan yang menempati berbagai posisi mulai dari level pekerja lapangan (operator armada tambang) hingga level manajemen seperti superintendent dan manajer. 

Saat ini, setidaknya terdapat 167 orang pekerja perempuan KPC di level Operator. Sebanyak enam orang operator perempuan ini bahkan telah menunjukkan prestasi tertinggi sehingga diikutsertakan dalam kompetisi ‘the best operator’ tingkat Asia sejak 2015 lalu.

“Keberhasilan tersebut membuktikan bahwa BUMI dan unit usaha telah merealisasikan kebijakan penghormatan hak asasi manusia [HAM] BUMI versi 1.0 untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan yang selama ini dinilai rentan atas pelanggaran HAM. Kami bangga dengan prestasi ini karena sebanyak 90 persen operator perempuan di KPC telah bekerja menjadi operator dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, bahkan ada di antara mereka yang memiliki masa kerja di atas 25 tahun,” jelas Adika.

Hal tersebut, imbuhnya, telah membuktikan bahwa KPC memberi kesempatan yang sama kepada para pekerjanya. Prestasi yang luar biasa juga bisa dilihat dari catatan data keselamatan. 

Sejak dibukanya kesempatan operator perempuan, hingga saat ini belum ada catatan mereka yang terlibat dalam Lost Time Injury (LTI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.