Komitmen Emiten Kurangi Jejak Karbon

Komitmen emiten-emiten di pasar modal untuk menerapkan prinsip environment, social, and governance (ESG) diterjemahkan dengan penyusunan peta jalan penurunan emisi karbon yang ambisius dalam jangka menengah.

Annisa Kurniasari Saumi

15 Nov 2021 - 13.44
A-
A+
Komitmen Emiten Kurangi Jejak Karbon

Petugas mengecek instalasi di PLTP Kamojang, Garut, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021). Pertamina menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada tahun 2030 diantaranya melalui pemanfaatan energi rendah karbon dan efisiensi energi sebagai komitmen perseroan terhadap implementasi Environmental, Social and Governance (ESG). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis, JAKARTA — Aspek tata kelola perusahaan yang berkelanjutan menjadi sorotan di kalangan investor di tengah masifnya kesadaran perubahan iklim. Beberapa emiten di pasar modal menyampaikan telah menerapkan prinsip environment, social, and governance (ESG) untuk mengurangi jejak karbonnya.

Chief Executive Officer PT Vale Indonesia Tbk. Febriany Eddy mengatakan perseroan berkomitmen terhadap Perjanjian Paris untuk menurunkan emisi karbonnya sebesar 33% pada 2030. Perseroan bahkan menargetkan bisa mencapai net zero emission pada 2050.

“Kami sudah menjalaninya sejak 2019. Proyek paling penting adalah konversi high sulfur fuel oil dan batu bara yang ada di tanur pengering dan reduksi menjadi LNG dan gas,” ucap Febriany dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bersama Komisi VII DPR pekan lalu.

Febriany menuturkan proyek konversi tersebut menjadi proyek kunci emiten berkode saham INCO itu untuk mengurangi emisi karbon. Jika proyek ini tidak berhasil, bisa dipastikan Vale Indonesia akan gagal mencapai tujuan mengurangi emisi karbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.