Komitmen ICBP Pulihkan Kinerja Laba yang Anjlok 40 Persen

Lonjakan pesat harga komoditas dan kerugian kurs yang belum terealisasi menjadi penyebab laba ICBP atau PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. turun 40 persen pada paruh pertama tahun ini. Manajemen perseroan pun menjanjikan sejumlah upaya untuk memperbaiki kondisi ini.

Emanuel Berkah Caesario

31 Agt 2022 - 20.03
A-
A+
Komitmen ICBP Pulihkan Kinerja Laba yang Anjlok 40 Persen

Petugas sedang menurunkan karton produk mi instan Indomie. Mi instan merupakan salah satu produk unggulan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk./indofood.com

Bisnis, JAKARTA — Tekanan berat kenaikan harga komoditas akibat perang Rusia-Ukraina tak dapat dielakkan oleh emiten produsen mi instan legendaris Indomie, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Pada paruh pertama tahun ini, labanya anjlok 40 persen secara tahunan.

Penjualan perseroan sejatinya masih tumbuh dengan cukup sehat pada paruh pertama tahun ini, yakni naik 15,6 persen year-on-year (YoY) menjadi Rp32,59 triliun. Sayangnya, beban pokok dan beban usahanya meningkat cukup tinggi.

Beban pokok tercatat meningkat 24,9 persen YoY menjadi Rp22,2 triliun. Kenaikan beban pokok ini terutama ditopang oleh naiknya beban bahan baku sebesar 30,2 persen YoY menjadi Rp17,85 triliun. Hal ini tentu tidak terlepas dari kenaikan harga gandum global akibat perang Rusia-Ukraina.

Naiknya beban pokok tersebut menjadikan laba bruto perseroan tinggal Rp10,4 triliun, turun tipis 0,3 persen YoY dari Rp10,43 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Komitmen ICBP Pulihkan Kinerja Laba yang Anjlok 40 Persen

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.