Komitmen Implementasi Sistem Legalitas Kayu dan Pengakuan Global

Penerapan SVLK mampu meningkatkan ekspor produk hasil hutan hingga 80 persen dalam 13 tahun terakhir, bahkan pada 2021 meraup devisa lebih US$13 miliar. Perbaikan tata kelola hutan juga menurunkan Illegal logging 60 persen dalam 15 tahun terakhir sehingga mengurangi laju deforestasi

Rustam Agus

11 Mei 2022 - 16.30
A-
A+
Komitmen Implementasi Sistem Legalitas Kayu dan Pengakuan Global

Ilustrasi perahu motor menarik hasil kayu Illegal Logging / Antara

Bisnis, JAKARTA- Pemerintah Indonesia terus berusaha memperluas pengakuan dan keberterimaan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) pada tingkat global sekaligus kampanye komitmen ekonomi hijau.

Langkah ini menjadi penting dan strategis mengingat sejauh ini penerapan SVLK telah mampu menopang peningkatan ekspor produk hasil hutan hingga 80 persen dalam 13 tahun terakhir.

Bahkan, berdasarkan catatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada masa pandemi sepanjang tahun 2021 ekspor hasil hutan mencetak nilai ekspor lebih dari US$13 miliar.

Selain itu perbaikan tata kelola hutan telah menurunkan kegiatan penebangan liar 60 persen dalam kurun 15 tahun terakhir, yang secara paralel mengurangi laju deforestasi 75 persen dalam tiga tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Komitmen Implementasi Sistem Legalitas Kayu dan Pengakuan Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.