Free

Komitmen Provident Development Bangun Kawasan Apartemen Ramah Lingkungan

Penggunaan energi terbarukan akan meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang. Bandara City juga menerapkan prosedur ramah lingkungan yang lain seperti air dari sumber Sewage Treatment Plant (SWT) yang digunakan untuk penyiraman taman-taman di kawasan.

Yanita Petriella

6 Feb 2024 - 13.51
A-
A+
Komitmen Provident Development Bangun Kawasan Apartemen Ramah Lingkungan

Bandara City.

Bisnis, JAKARTA – Tren hunian ramah lingkungan terus digencarkan. Sektor properti turut andil dalam menciptakan emisi karbon secara global, baik dalam proses pembangunan maupun penggunaannya. Para developer dan pengguna properti perlu mawas soal upaya menekan emisi karbon dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. 

Berdasarkan data Singapore Green Building Council (SGBC), pembangunan properti turut andil dalam 40% emisi karbon secara global. Penyumbang terbesar emisi karbon dalam properti ada pada penggunaannya untuk residental, yakni mencapai 11% secara global, lalu di industri konstruksi pembangunan hingga 10%.

Provident Development menggandeng provider panel surya Xurya untuk penerapan energi alternatif terbarukan di seluruh bagian atap shopping arcade Apartemen Bandara City Jalan Raya Perancis, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Xurya menjadi salah satu aplikasi untuk sumber energi alternatif dan mengukuhkan dukungan Provident Develoment pada kontribusi lingkungan hidup sekaligus memberikan efisiensi biaya listrik.

Direktur Provident Development Ronie Mustafa mengatakan PLTS yang diaplikasikan ini bisa menghasilkan hingga 645.622 Kwh energi hijau per tahun yang setara dengan reduksi 577.186 Kg CO2 per tahun. PLTS ini juga ekuivalen dengan karbon yang harus diserap oleh 7.565 pohon berusia 10 tahun. Panelnya sendiri memiliki performa yang akan terjaga hingga lebih dari 20 tahun ke depan.

“Pemilihan Xurya sebagai mitra provider panel surya tidak terlepas dari portofolio yang telah dimiliki perusahaan ini di sejumlah daerah di Indonesia. Selain itu Xurya juga menjamin zero capital expenditure (capex) dan free maintenance untuk produknya sehingga tidak akan memberatkan keuangan perusahaan,” ujarnya dalam keterangan, Selasa (6/2/2024). 

Menurutnya, penggunaan energi terbarukan akan meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang. Bandara City juga menerapkan prosedur ramah lingkungan

yang lain seperti air dari sumber Sewage Treatment Plant (SWT) yang digunakan untuk penyiraman taman-taman di kawasan.

Bandara City dikembangkan sebagai mixed use compact seluas 4 hektare yang mencakup empat tower apartemen delapan lantai ditambah shopping arcade seluas 21.000 meter persegi. 

“Kami juga satu-satunya developer yang yang menjual produk sudah bersertifikat akta jual beli (AJB) sebelum unitnya diserahterimakan (handover) tahun lalu,” katanya.

Baca Juga: Menanti Pemulihan Pasar Apartemen di Tengah Guyuran Insentif PPN

Ronie menuturkan saat ini dua towernya telah selesai dibangun dan satu tower proses finishing, selanjutnya akan terus dilanjutkan dengan pengembangan seluruh kawasannya. 

Adapun unit Apartemen Bandara City menyediakan tipe studio berukuran 33 meter persegi dan satu kamar tidur seluas 43 meter persegi di dua tower yang penjualannya sudah hampir sold out. Unit ini dijual  seharga mulai Rp500 jutaan dengan potensi revenue dari penyewaan unit mencapai Rp50 juta per tahun.

“Ini bisa menjadi instrumen investasi menarik karena berada diantara mega proyek pengembangan Bandara Soekarno Hatta dan PIK 2 sehingga pasar sewanya sangat besar,” ucapnya. 

Sebagai informasi, Bandara City dikembangkan oleh Provident Development yang merupakan bagian dari Provident Group yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Provident Agro Tbk (PALM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.