Kompetisi Alfamart & Indomaret Berebut Hoki Mudik di Rest Area

Pertumbuhan penjualan ritel modern yang berada di rest area jalan tol pada musim mudik Lebaran diestimasikan naik 10 hingga 15 persen YoY. Dua korporasi penguasa segmen minimarket pun mengatur strategi dengan rapi untuk memaksimalkan pundi-pundi dari momentum tersebut.

Wike D. Herlinda

12 Apr 2022 - 20.30
A-
A+
Kompetisi Alfamart & Indomaret Berebut Hoki Mudik di Rest Area

Foto udara kepadatan pemudik di rest area Candiareng KM 344 di Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA-Harviyan Perdana Putra

Bisnis, JAKARTA — Dinyalakannya lampu hijau dari pemerintah untuk kegiatan mudik Lebaran tahun ini menjadi penyemangat pelaku industri ritel modern segmen minimarket untuk memaksimalkan penjualan di rest area berbagai ruas jalan tol yang ada di Jawa.

Sebelum terpaan pandemi Covid-19 dua tahun lalu, tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area jalan tol menjadi salah satu ladang cuan terselubung bagi industri ritel modern segmen toko kelontong (minimarket). 

Terbukti, pada 2019, para goliat minimarket seperti PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) getol mengebut rencana penambahan gerai di TIP seluruh jalan tol existing di Jawa. 

Kala itu, para peritel melihat potensi pendapatan dari gerai yang berlokasi di TIP jalan tol lebih menjanjikan daripada gerai di sekitar wilayah perkantoran maupun fasilitas transportasi umum lainnya, seperti stasiun atau bandara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kompetisi Alfamart & Indomaret Berebut Hoki Mudik di Rest Area

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.