Kondisi Inflasi Maret 2023, Saat Ramadan Baru Sepertiga Bulan

Secara tahunan, meski inflasi Maret menunjukkan penurunan, angkanya masih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Pada April, terkait Idulfitri, perlu diwaspadai kemungkinan kenaikan inflasi dari sisi konsumsi.

Saeno

3 Apr 2023 - 14.23
A-
A+
Kondisi Inflasi Maret 2023, Saat Ramadan Baru Sepertiga Bulan

Ilustrasi - Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Tarif angkutan udara sejak 2020 memberikan andil inflasi paling utama dalam masa Ramadan dan Idulfitri./Bisnis:Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA —  Inflasi Maret 2023 yang identik dengan sepertiga bulan Ramadan relatif melandai dibandingkan Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Secara tahunan, meski inflasi Maret menunjukkan penurunan, angkanya masih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Pada April, terkait Idulfitri, perlu diwaspadai kemungkinan kenaikan inflasi dari sisi konsumsi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, saat Ramadan bertepatan dengan satu bulan penuh kalender Masehi, tahun ini Ramadan pada Maret 2023 hanya sekitar 10 hari. Sisanya, Ramadan bertepatan dengan April 2023. Itu sebabnya, angka inflasi terkait Ramadan pada Maret tahun ini cenderung melandai dibandingkan Ramadan tahun lalu.

"Maret ini memang kebetulan bertepatan dengan dimulainya bulan Ramadan, jadi relatif lebih rendah dari Ramadan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya hampir satu bulan full, sementara di tahun ini awal Ramadan hampir sekitar 10 hari," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini.

Hal itu disampaikannya saat rilis Berita Statistik di Gedung BPS, Jakarta, Senin (3/4/2023).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kondisi Inflasi Maret 2023, Saat Ramadan Baru Sepertiga Bulan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.