Kondisi Sulit PGN (PGAS) Terapit Harga Gas Manufaktur dan MEDC

Sebagai gambaran, PGN dalam berbagai kesempatan berulang kali mengungkapkan kinerja perseroan yang terdampak oleh kebijakan harga gas bumi tertentu (HGBT) yang dipatok US$6 per million British thermal units (MMBtu) bagi tujuh kelompok sektor manufaktur berbasis gas.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

4 Okt 2023 - 19.22
A-
A+
Kondisi Sulit PGN (PGAS) Terapit Harga Gas Manufaktur dan MEDC

Fasilitas terminal dan pengelolaan gas terapung (Floating Storage and Regasification/FSRU) gas alam cair (LNG) Lampung PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Istimewa/PGN

Bisnis, JAKARTA — Persoalan harga gas yang sempat membuat pelaku industri menjadi resah dan gelisah seolah menjadi bumerang bagi PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau PGN. Keinginan emiten berkode saham PGAS itu untuk melakukan penyesuaian harga gas industri, kini malah berbalik membawa mendung bagi prospek perseroan.

Pemerintah dengan tegas menolak wacana penaikan harga gas industri untuk wilayah tertentu yang digulirkan emiten pelat merah itu, menyusul keberatan dari kalangan pengusaha yang berdalih kebijakan yang sejatinya akan diterapkan per 1 Oktober tersebut dapat menurunkan daya saing industri. 

Tak hanya itu, kenaikan harga gas yang disebut-sebut dapat berdampak langsung kepada ongkos produksi, juga akan berpengaruh terhadap daya tarik investasi industri di dalam negeri. Di sisi lain, PGN kini malah dihadapkan pada permintaan kenaikan harga gas di sisi hulu, yakni dari Blok Corridor garapan PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC).

Baca juga: Pupus Harapan PGN (PGAS) Mengerek Harga Gas Industri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.