Konflik China–Taiwan Punya Efek Terbatas ke Rantai Pasok Global

Latihan serangan udara dan laut yang dilakukan China di sekitar pulau utama Taiwan sebagai protes kunjungan Pelosi telah menunjukkan bahwa Beijing mampu mengguncang perdagangan global.

Nindya Aldila
Aug 13, 2022 - 12:12 AM
A-
A+
Konflik China–Taiwan Punya Efek Terbatas ke Rantai Pasok Global

Bisnis, JAKARTA - Ketegangan geopolitik antara China dan Taiwan semakin panas setelah kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi hingga memicu latihan militer yang agresif di perairan Taiwan. Hal ini berpotensi menjadi gangguan bagi perdagangan global dan rantai pasok yang belum pulih, meski dampaknya terbatas.

Latihan serangan udara dan laut  yang dilakukan China di sekitar pulau utama Taiwan sebagai protes kunjungan Pelosi telah menunjukkan bahwa Beijing mampu mengguncang perdagangan global.

Al Jazeera melaporkan pada Kamis (12/8/2022), bahwa separuh dari kapal pembawa kontainer di dunia dan 90 persen kapal terbesar berdasarkan tonasenya, telah melewati Selat Taiwan. Perairan ini adalah jalur perdagangan penting antara Asia Timur dan pasar global.

Pelabuhan Shanghai, Shenzhen, Ningbo, dan Guangzhou, yang masing-masing menempati peringkat lima terbesar di dunia, semuanya berada di sepanjang pesisir seberang Selat Taiwan.

Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Konflik China–Taiwan Punya Efek Terbatas ke Rantai Pasok Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ