Konflik Geopolitik Bisa Jegal Neraca Dagang RI di Akhir Tahun

Ketegangan geopolitik yang terjadi di antara kekuatan ekonomi dunia dan peperangan di Eropa Timur yang tak kunjung usai masih menjadi sumber kekhawatiran pelaku usaha terhadap kinerja ekspor Indonesia.

Nindya Aldila

14 Nov 2022 - 23.19
A-
A+
Konflik Geopolitik Bisa Jegal Neraca Dagang RI di Akhir Tahun

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Ketegangan geopolitik yang terjadi di antara kekuatan ekonomi dunia dan peperangan di Eropa Timur yang tak kunjung usai masih menjadi sumber kekhawatiran pelaku usaha terhadap kinerja ekspor Indonesia. 

Pengumuman neraca dagang Oktober yang akan diumumkan pada Selasa (15/11/2022) pagi akan menjadi gambaran prospek perdagangan di penghujung tahun dan awal 2023.

Invasi Rusia di Ukraina, perang tarif dan perang teknologi AS - China, hingga konflik geopolitik yang melibatkan Taiwan, membayang-bayangi pengusaha domestik yang khawatir kinerja ekspor akan melanjutkan pelemahannya setelah turun 11 persen pada September menjadi US$24,80 miliar. 

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mencermati, meningkatnya resesi global akan membuat neraca perdagangan Indonesia menyusut menjadi US$4,42 miliar dari US$4,99 miliar pada bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Konflik Geopolitik Bisa Jegal Neraca Dagang RI di Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.