Konglomerat di Balik Mamin Legendaris Kala Lebaran

Biskuit Khong Guan dan Sirop Marjan menjadi makanan dan minuman legendaris untuk perayaan Lebaran atau Idulfitri. Bagaimana tidak, biskuit kaleng bergambar jamuan makan keluarga tersebut bisa dibilang masih eksis hingga saat ini sejak 1970, begitu juga Marjan. Lantas siapa pencetus produk itu?

Pernita Hestin Untari & Alifian Asmaaysi

11 Apr 2024 - 12.15
A-
A+
Konglomerat di Balik Mamin Legendaris Kala Lebaran

Pabrik Khong Guan di Singapura tahun 1950-an/Khong Guan

Bisnis, JAKARTA— Khong Guan menjadi salah satu brand biskuit yang identik saat momen lebaran untuk dijadikan suguhan. Dalam satu kaleng, terdapat banyak pilihan rasa, yang membuat biskuit ini berbeda dari yang lain.

 Mengutip laman resminya, Khong Guan Indonesia pertama kali didirikan di Indonesia pada 1970 dan memulai produksinya dengan mendirikan pabrik pertamanya yaitu PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia yang terletak di jalan Bogor di Ciracas, Jakarta Timur.  

Meskipun awalnya sederhana, Khong Guan Indonesia terus berkembang. Hingga kini mampu mendistribusikan produknya ke lebih dari 90 wilayah di Indonesia. Saat ini, rangkaian produk mereka juga mencakup beragam biskuit, kue, dan kerupuk yang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan rasa bagi beragam preferensi pasarnya.

Perusahaan Khong Guan Indonesia dipimpin oleh Hartono Kweefanus, pria kelahiran Indonesia yang juga merupakan ketua Monde Nissin, produsen makanan yang berbasis di Filipina yang terkenal dengan mie instan dan makanan ringannya. Jauh sebelum masuk Indonesia, Khong Guan didirikan di Singapura oleh Chew Choo Keng dan Chew Choo Han pada 1947. Kedua saudara yang berasal dari desa di Fujian, China tersebut awalnya datang ke Singapura untuk mencari nafkah pada 1935.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.