Konsumsi Makanan Warna Pelangi Tekan Risiko Sakit Jantung

Makanan berwarna biru dan ungu, termasuk bluberi, memiliki kandungan pigmen tumbuhan antosianin yang tinggi, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua. Flavon, yang memberi warna kuning pada makanan, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

M. Syahran W. Lubis

13 Nov 2021 - 15.59
A-
A+
Konsumsi Makanan Warna Pelangi Tekan Risiko Sakit Jantung

Ilustrasi buah-buahan./BBC

Bisnis, JAKARTA – Mengonsumsi makanan berbagai jenis warna ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebagian besar dari kita dihadapkan pada pilihan yang sama beberapa kali sehari: apa yang harus dimakan. Seiring dengan harga, aksesibilitas, dan preferensi, kita sering menggunakan hal itu untuk memilih makanan untuk kesehatan.

Akan tetapi, ketika kita memeriksa pola makan kita secara keseluruhan, bagaimana kita tahu bahwa kita mendapatkan nutrisi yang kita perlukan?

Sudah diterima secara luas oleh para peneliti bahwa kita membutuhkan makanan yang bervariasi, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memakan semua “warna pelangi”. Namun, apakah warna menjadi panduan terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi yang kita perlukan?

Diet Mediterania./BBC

Buktinya mungkin dalam diet Mediterania, yang mengandung banyak buah, sayuran, dan lemak sehat seperti minyak zaitun extra virgin, dan sering dinilai sebagai diet paling sehat oleh para ilmuwan.

Bukan kebetulan bahwa makanan ini dikemas dengan warna yang berbeda, kata Francesco Sofi, profesor nutrisi klinis di University of Florence, Italia.

"Makan diet Mediterania tradisional berarti Anda mengonsumsi nutrisi dan fitonutrien yang berbeda," katanya. Fitonutrien adalah senyawa kimia kecil yang diproduksi oleh tanaman yang membantu kita mencerna nutrisi yang lebih besar dan juga berperan dalam mengeluarkan racun dari tubuh kita.

Namun, lanjutnya, diet tidak selalu mengandung setiap warna, itu tergantung pada musim, karena pengikut diet makan secara musiman dan lokal serta menanam buah dan sayuran mereka sendiri.

Warnanya tidak berbeda dengan pola makan nabati lainnya, seperti pola makan vegetarian. Ada juga alasan lain mengapa diet Mediterania termasuk yang paling sehat. Populasi Mediterania secara tradisional merebus, bukan menggoreng, sayuran mereka, yang mempertahankan nutrisi, kata Sofi.

Meski begitu, kelimpahan buah dan sayuran diet tak bisa diabaikan. Manfaat kesehatan dari diet kaya buah dan sayuran pada otak dan jantung kita adalah salah satu temuan yang paling konsisten dalam ilmu gizi, menurut Deanna Minich, ahli gizi fungsional dan staf pengajar di University of Western States di Portland, Oregon, AS.

Makan banyak warna dapat menurunkan risiko kehilangan semua nutrisi penting. "Kalau kita kehilangan warna pelangi, kita mungkin kehilangan fungsi dari makanan itu," kata Minich sebagaimana dilansir BBC.

Ini karena makanan nabati mengandung ribuan senyawa alami yang disebut fitonutrien, termasuk karotenoid dan flavonoid, yang memiliki manfaat anti-inflamasi. Tanaman berwarna berbeda datang dengan manfaat yang berbeda.

Bluberi/BBC

PIGMEN TUMBUHAN ANTOSIANIN

Makanan berwarna biru dan ungu, termasuk bluberi, memiliki kandungan pigmen tumbuhan antosianin yang tinggi, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua. Flavon, yang memberi warna kuning pada makanan, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

"Pigmen tumbuhan tertentu berjalan ke bagian tubuh tertentu dan menetap di sana," kata Minich. "Misalnya, lutein ditemukan dalam berbagai makanan kuning dan hijau, dan berjalan ke makula di bagian belakang mata, di mana ia dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula."

Beberapa penelitian menunjukkan flavonoid dapat meningkatkan kesehatan otak, dengan memblokir neurotoksisitas di otak, yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Setelah mengikuti diet 50.000 orang selama lebih dari 20 tahun, Tian-shin Yeh, peneliti epidemiologi di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, AS, menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak makanan kaya flavonoid, termasuk jeruk, paprika, dan seledri, memiliki tingkat penurunan kognitif dan demensia yang lebih rendah.

Meskipun saat ini tidak ada obat untuk demensia dan gangguan kognitif di kemudian hari, Yeh mengatakan makan lebih banyak makanan kaya flavonoid dapat membantu menurunkan risiko. Namun, peserta yang melihat manfaat paling banyak adalah mereka yang secara konsisten mengonsumsi makanan kaya flavonoid selama 20 tahun.

Tidak ada kata terlambat untuk memasukkan makanan ini ke dalam diet Anda dan mendapatkan manfaat dari flavonoid, kata Yeh. Makan makanan yang berwarna-warni, lanjutnya, juga dapat membantu orang menghindari kemungkinan efek buruk dari makan terlalu banyak satu makanan.

Dia mengutarakan makanan sangat kompleks. Misalnya, penelitian menemukan bahwa jus jeruk dikaitkan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah, tetapi terlalu banyak asupan dikaitkan dengan diabetes tipe 2 meskipun karena kandungan gulanya, bukan flavonoid.

MUNGKIN JUGA RUMIT

Akan tetapi, makan makanan pelangi mungkin juga rumit, kata Victoria Taylor, ahli diet senior di British Heart Foundation d London. "Ini bisa sangat sulit untuk mendapatkan setiap warna setiap hari. Kita juga perlu mengonsumsi kelompok makanan lain untuk mendapatkan semua makronutrien yang kita butuhkan, seperti protein.”

Namun, Minich berpendapat bahwa diet pelangi tidak terbatas pada buah dan sayuran, tetapi mencakup makanan alami lainnya, seperti rempah-rempah, rempah-rempah, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, bahkan teh.

Dia juga menganggap makanan putih sebagai bagian dari diet pelangi, termasuk tahu, yang mengandung banyak isoflavon berbeda, yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker yang lebih rendah, serta penurunan kognitif.

Makan berbagai warna bisa berarti kita makan lebih banyak buah dan sayuran secara keseluruhan. Satu studi menemukan bahwa mendorong orang untuk makan makanan berwarna-warni meningkatkan konsumsi makanan sehat mereka.

"Jika Anda makan buah yang sama, Anda merasa puas, tetapi jika Anda memiliki sepiring buah dan sayuran berbeda yang warnanya bervariasi, Anda cenderung ingin makan lebih lama," kata Rochelle Embling, mahasiswa PhD di Swansea University di Wales.

"Efek ini khusus untuk makanan yang dikonsumsi. Jadi, setelah makanan jutama, makanan penutup tetap diinginkan karena memiliki karakteristik sensorik yang berbeda," kata Embling.

Namun, makan makanan yang lebih berwarna juga dapat meningkatkan risiko yang tidak sehat. Embling menemukan bahwa kita lebih cenderung makan lebih banyak pizza ketika memiliki banyak topping berwarna berbeda.

Dia menyarankan makan warna yang bervariasi untuk buah dan sayuran, tetapi memilih palet warna yang lebih kecil untuk makanan yang lebih memanjakan. Perlu juga dicatat bahwa pewarna buatan dalam makanan, seperti kue dan permen, tidak diperhitungkan dalam beragam diet sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.