Kontradiksi Diskon Pajak, Minim Dampak ke Ekonomi

Selama lima tahun diskon pajak diberlakukan, insentif tersebut mampu mendatangkan penanaman modal senilai Rp370 triliun. Sepintas data tersebut cukup membanggakan pemangku kebijakan. Namun...

Tegar Arief Fadly

11 Jun 2024 - 11.06
A-
A+
Kontradiksi Diskon Pajak, Minim Dampak ke Ekonomi

Ilustrasi aktivitas pelaporan pajak./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Urgensi untuk mengevaluasi kebijakan diskon pajak korporasi makin tinggi. Tidak hanya pemanfaatan yang terbatas atau kontraproduktifnya skema itu terhadap konsensus pajak global, realisasi penanaman modal dari investor yang menerima manfaat fiskal itu pun bisa dibilang jauh panggang dari api.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Ke­uangan, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kemarin, Senin (10/6), menyajikan data realisasi kebijakan diskon pajak yang sedikit menarik.

Lembaga tersebut melaporkan realisasi pemanfaatan diskon Pajak Penghasilan (PPh) Badan berbentuk tax holiday dan tax allowance sepanjang 2018—2022 senilai Rp20 triliun.

Selama lima tahun itu pula, insentif yang dikucurkan tersebut mampu mendatangkan penanaman modal senilai Rp370 triliun. Sepintas data tersebut cukup membanggakan pemangku kebijakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.