Kontribusi Pemuda Penajam Paser Capai IKN yang Indonesiasentris

Indonesiasentris merupakan konsep gagasan kebangkitan nasional serta persatuan Tanah Air . Tujuannya adalah menyejahterakan bangsa yang tidak hanya terfokus di pulau Jawa, tetapi juga seluruh rakyat.

Jaffry Prabu Prakoso

3 Des 2023 - 20.46
A-
A+
Kontribusi Pemuda Penajam Paser Capai IKN yang Indonesiasentris

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. /Setpres.

Bisnis, JAKARTA – Setiap pagi Bintang Wahyu Aji sudah berada di sawah. Warga asli Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) itu melihat apa yang bisa dikerjakan pada hasil bumi yang dia tanam. Saat matahari berada di barat, Bintang bergeser ke kolam ikan untuk memberi makan. 

Lalu pada malam hari, Bintang melepas penat sambil bercengkerama dengan petani lain. Obrolan pemuda berusia 25 tahun itu dengan rekan yang usianya seumuran beragam. Yang pasti, mereka berdiskusi tentang masalah yang dihadapi sambil mencari solusi. Setiap waktu seakan bermanfaat meski di kala santai.

Tak ada sedikitpun terpikirkan bagi Bintang menjadi seorang pegawai kantoran atau merantau ke kota setelah lulus kuliah. Pria lulusan planologi di salah satu universitas di Balikpapan, Kaltim tersebut memilih untuk menjadi petani dan mengembangkan tempat tinggalnya menjadi lebih baik.

Baca juga: Cetak Biru Pembangunan Nusantara Jadi Ibu Kota Ramah Lingkungan

Padahal, orang tuanya bukan seorang petani. Lingkungan membuat Bintang hakulyakin menjadi profesi yang kini makin sedikit penerusnya. Padahal jika ditelisik lebih dalam, menjadi orang yang bercocok tanam lebih sejahtera daripada pekerja kantoran.

“Yang menjadi masalah adalah petani-petani saat ini tidak paham dengan teknik manajemen keuangan juga teknologi. Sedangkan kita yang muda-muda sedikit paham soal itu sehingga profesi ini sebenarnya lebih menguntungkan,” katanya kepada Bisnis, Minggu (3/12/2023).


Bintang Wahyu Aji menanam bibit. /Dok. Pribadi

Hal itu dia buktikan sendiri. Bintang dengan Kelompok Tani Biawan saat ini telah mengintegrasikan budidaya ikan yang memakan pakan dari lalat hitam dengan padi. Melalui penerapan polikultur , biaya produksi bisa ditekan sehingga keuntungan yang didapat berlipat. 

Bintang tengah memperluas jaringan agar usahanya lebih maju. Momen pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kaltim dimanfaatkan betul olehnya. Bintang tak mau peluang besar tersebut sampai terlewatkan. 

“Karena selama ini kita belum memiliki pasar dalam skala besar. Kalau ke IKN [memperluas pasar], berarti kami harus jadi suplier. Akan tetapi pemerintah memang sudah mulai mendukung,” jelasnya.

Sementara Edy Suratman memilih untuk menggeluti dunia pariwisata. Dia bersama teman-temannya fokus menawarkan jasa dan memopulerkan tempat khas juga unik di sekitar IKN.

Pria berusia 29 tahun itu melihat Titik Nol IKN kini menjadi tujuan wisatawan baik itu warga Kaltim maupun luar provinsi. Akan tetapi rincian perjalanan mereka tak jelas. Bahkan, hanya ke satu lokasi tersebut.

Menurut Edy, sangat disayangkan apabila sudah jauh-jauh ke IKN akan tetapi tidak menjelajahi tempat eksotis lain. Banyak spot yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan lebih baik. 


Edy Suratman mengajak rombongan menikmati alam di Pulau Balang, sekitar IKN. /Dok. Pribadi

Beberapa bulan lalu, salah satu toko outdoor ternama di Indonesia bersama perkumpulan pengendara sepeda motor dari Bandung, Jawa Barat mengadakan kopi darat ke IKN. Edy dan kawan-kawan membimbing mereka mengelilingi beberapa tempat sambil memberikan pengalaman berbeda serta belum pernah dialami sebelumnya.

“Wilayah sekitar IKN punya wisata yang sangat asri dan belum terjamah. Presiden Joko Widodo bisa juga sebetulnya mengajak para investor untuk menanamkan modal mereka untuk sektor ini,” katanya kepada Bisnis.

Untuk menyambut IKN, pemerintah daerah (pemda) tidak tinggal diam. Kualitas sumber daya manusia ditingkatkan, khususnya dari sisi literasi digital. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara Khairudin mengatakan bahwa kemampuan pegawai pemda sudah tidak perlu diragukan karena terus diberikan pelatihan. Sementara kepada masyarakat, diberikan pendidikan untuk meningkatkan keahlian.

“Ini dari SD [sekolah dasar] sudah kita kenalkan. Begitu pula ke perangkat desa. Literasi digital ini sangat mendapat apresiasi warga,” terangnya.

IKN Memeratakan Ekonomi Indonesia

Salah satu pertimbangan Jokowi memindahkan ibu kota ke Kaltim adalah letaknya yang berada di tengah-tengah Indonesia. Selain itu juga berdekatan dengan kota berkembang seperti Balikpapan dan Samarinda.

Berdasarkan letak geografis tersebut, diharapkan perpindahan ibu kota dapat mengakselerasi ekonomi Tanah Air secara maksimal. IKN merupakan langkah penting menuju Indonesiasentris.

Indonesiasentris merupakan konsep gagasan kebangkitan nasional serta persatuan Tanah Air . Tujuannya adalah menyejahterakan bangsa yang tidak hanya terfokus di pulau Jawa, tetapi juga seluruh rakyat.

Dalam visinya, Indonesiasentris adalah untuk mewujudkan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Maksudnya yaitu membangun Indonesia dari pinggir sehingga akan berdampak kemanfaatannya bagi kegiatan ekonomi dan sarana masyarakat.




Hal tersebut dipertegas oleh Jokowi. Presiden mengatakan bahwa pembangunan IKN bertujuan untuk menciptakan pemerataan dan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Berdasarkan catatannya, lebih dari setengah produk domestik bruto (PDB) ekonomi Indonesia terdapat di Pulau Jawa. Dengan adanya pembangunan IKN, roda bisnis diharapkan bisa lebih menyebar.

“Dari 17.000 pulau yang kita miliki, 58 persen [PDB] itu ada di Pulau Jawa sehingga kita ingin Indonesiasentris. Ada di pulau lain juga ada pertumbuhan ekonomi. Pulau yang lain selain Jawa juga ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Yang kita harapkan itu,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.