Kontroversi Sederet Proyek Pusat Banjiri Kota Solo Era Gibran

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Solo pada 2022 sebesar 6,2%. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan pertumbuhan ekonomi di 2021 yang sebesar 4,01% dan tahun 2020 minus 1,76%. Di sisi lain, selama Gibran menjabat sebagai Wali Kota Solo, banyak proyek pusat di Solo.

Yanita Petriella

21 Okt 2023 - 18.55
A-
A+
Kontroversi Sederet Proyek Pusat Banjiri Kota Solo Era Gibran

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan hasil rancangan keputusan rapat pimpinan nasional ke Gibran Rakabuming Raka untuk ditindaklanjuti bersama Prabowo Subianto, Sabtu (21/10/2023). JIBI/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis, JAKARTA – Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ramai menjadi pembicaraan hangat beberapa hari terakhir. Hal ini usai Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan Undang-Undang Pemilihan Umum tentang batas usia calon presiden dan wakil presiden dimana syarat usia yang pada awalnya minimal 40 tahun dapat ditoleransi dengan memiliki pengalaman sebagai kepala daerah. Putra sulung Presiden Joko Widodo bahkan diusung oleh Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

Gibran sendiri resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 26 Februari 2021. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Solo pada 2022 sebesar 6,2%. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan pertumbuhan ekonomi di 2021 yang sebesar 4,01% dan tahun 2020 yang minus 1,76%. 

Adapun di tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Solo tercatat 5,75% dan di 2019 mencapai 5,78 persen. Kemudian, ABPD Solo pada 2022 mencapai Rp2,4 triliun, naik dari tahun 2021 yang mencapai Rp1,9 triliun. Adapun di 2023, APBD Solo sebesar Rp2,1 triliun

Di sisi lain, selama Gibran menjabat sebagai Wali Kota Solo, banyak proyek Pemerintah Pusat yang dibangun di kota Solo. Adapun sejumlah proyek tersebut yakni rel layang Simpang Tujuh Joglo, revitalisasi Pasar Jongke, revitalisasi Taman Balekambang, revitalisasi Pasar Mebel Gilingan, penataan Jalan Ngarsopuro – Gatot Subroto, renovasi Pura Mangkunegaran, revitalisasi Lokananta, pembangunan Viaduk Gilingan, revitalisasi Keraton Kasunanan, rehabilitasi Pasar Legi, rusun Putri Cempo, Jembatan Jurug, dan PLTS Putri Cempo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kontroversi Sederet Proyek Pusat Banjiri Kota Solo Era Gibran

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.