Kopi Mulia Oleh-Oleh Khas Puncak Jaya

Pemkab puncak Jaya bekerja sama dengan PB PON Papua menyiapkan satu ton kopi Mulia untuk dipasarkan sebagai buah tangan atau cendera mata bagi kontingen PON.

Zufrizal
29 Agt 2021 - 14.18
A-
A+
Kopi Mulia Oleh-Oleh Khas Puncak Jaya

Bupati Kabupaten Puncak Jaya Papua Yuni Wonda memperlihatkan kopi asli Mulia yang siap dipasarkan untuk mendukung PON XX Papua yang berlangsung 2-15 Oktober 2021. ANTARA Papua/VJ Laksa Mahendra

Bisnis, JAKARTA — Buah tangan selalu dicari orang ketika mengunjungi suatu tempat. Makanan atau produk makanan dan minuman biasanya jenis oleh-oleh yang paling banyak dicari orang selain tentunya produk kerajinan tangan.

Sebagai tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya tak tinggal diam memperkenalkan produk unggulannya yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Pemkab bekerja sama dengan PB PON Papua menyiapkan satu ton kopi Mulia untuk dipasarkan sebagai buah tangan atau cendera mata bagi kontingen PON.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda mengatakan bahwa kopi Mulia merupakan program unggulan Kabupaten Puncak Jaya karena memiliki keunikan rasa yang berbeda dengan kopi jenis lain.

"Jadi Pemkab Puncak Jaya sudah komitmen sekali telah menyiapkan kopi Mulia untuk berpartisipasi mendukung PON Papua," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/8/2021).

Terlebih lagi, tutur Yuni,  melalui dukungan sumber dana otonomi khusus yang dikucurkan pemerintah pusat menjadi prioritas untuk bagaimana peningkatan sumber daya alam terutama potensi kopi Mulia.

Dukung PON XX, Puncak Jaya siapkan 1 ton Kopi Mulia

Bupati mengatakan bahwa masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya ikut serta menyukseskan PON XX Papua lewat kopi Mulia yang dibuktikan dengan terus meningkatnya proses pengumpulan biji kopi dari hasil panen para petani kopi yang ada.

"Para petani kopi beberapa kali diberi penyuluhan serta bantuan berupa mesin giling kopi guna bisa meningkatkan hasil panen mereka untuk persiapan PON Papua," katanya.

Dampak dari pelaksanaan PON Papua tidak hanya melihat dari segi prestasi olahraga semata, tetapi sebagai ajang PON XX dapat mampu mengangkat potensi sumber daya alam Papua guna menambah pendapatan ekonomi masyarakat di Tanah Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.