Korporasi AS Tunda Emisi Obligasi karena Ketidakpastian

Obligasi korporasi yang beredar akan makin sedikit sehingga bisa membantu menjaga premi risiko atau imbal hasil pada aset yang lebih berisiko yang sudah rendah menurut standar historis.

Nindya Aldila

21 Des 2021 - 14.24
A-
A+
Korporasi AS Tunda Emisi Obligasi karena Ketidakpastian

Infografik indeks peringkat investasi AS/Bisnis-Bloomberg

Bisnis, JAKARTA — Korporasi Amerika Serikat diperkirakan akan mengerem penerbitan surat utang pada tahun depan guna melawan dampak risiko pandemi dan kenaikan suku bunga di pasar. Emisi tahun depan kemungkinan cenderung untuk kebutuhan aksi merger dan akuisisi.

Dikutip Bisnis dari Bloomberg, Minggu (19/12), sejumlah analis memproyeksi penerbitan akan menurun sekitar 5 persen hingga 10 persen pada 2022 dibandingkan dengan tahun ini senilai US$1,4 triliun.

Dengan demikian, obligasi korporasi yang beredar akan makin sedikit sehingga bisa membantu menjaga premi risiko atau imbal hasil pada aset yang lebih berisiko yang sudah rendah menurut standar historis.

Penurunan penerbitan dan permintaan yang kuat akan melawan dampak risiko pandemi dan kenaikan suku bunga pada pasar yang nilainya mencapai US$7 triliun ini. Sebaliknya, imbal hasil obligasi yang meningkat dapat memukul obligasi korporasi dengan sangat keras, karena sensitivitas harga mereka terhadap pergerakan ini mendekati level tertinggi sepanjang masa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Lukas Hendra
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.