Kosmetik & Skincare Thailand Bidik Pasar Kecantikan Indonesia

Indonesia menjadi pasar menggiurkan bisnis kosmetik asing terutama produk dari kawasan Asia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dari Januari hingga Juni terdapat 51.390 merek kosmetik dan skin care yang beredar di Indonesia baik produk lokal maupun asing.

Yanita Petriella

25 Jul 2023 - 21.49
A-
A+
Kosmetik & Skincare Thailand Bidik Pasar Kecantikan Indonesia

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perawatan wajah (skincare) saat pagi dan malam hari/Freepik.com

Bisnis, JAKARTA – Bisnis industri kecantikan sangat menggiurkan dan memiliki potensi yang besar. Apalagi, jumlah penduduk terutama perempuan Indonesia yang besar menjadi incaran pasar kosmetik Thailand.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dari Januari hingga Juni terdapat 51.390 merek kosmetik dan skin care yang beredar di Indonesia baik produk lokal maupun asing. Sepanjang tahun lalu, terdapat 98.310 produk kosmetik yang beredar di Indonesia. Jumlah itu bertambah dari tahun 2021 yang mencapai 96.611 produk.

Direktur Thai Trade Center Jakarta Hataichanok Sivara mengatakan peluang kerjasama antara Thailand dan Indonesia di bidang industri kosmetik dan perawatan pribadi sangat menjanjikan.

Thailand memiliki industri kosmetik yang kuat dan berkembang pesat. Dengan bekerjasama, perusahaan kosmetik dari Thailand dapat menggandeng distributor dan mitra bisnis di Indonesia untuk memperluas pasar mereka dan mencapai konsumen baru.

Menurutnya, kerjasama di bidang manufaktur dapat memungkinkan kedua negara untuk berbagi teknologi dan keahlian produksi. Hal ini dapat menghasilkan efisiensi produksi yang lebih tinggi dan biaya produksi yang lebih rendah.

Indonesia memiliki konsumen muda yang semakin sadar akan tren kecantikan dan perawatan pribadi. Melalui kerjasama, perusahaan kosmetik Thailand dapat memanfaatkan pasar yang berkembang ini untuk memperkenalkan produk inovatif mereka, sementara perusahaan Indonesia dapat mengakses teknologi dan penelitian terbaru dari Thailand.

Dengan mengoptimalkan peluang-peluang kerjasama ini, Thailand dan Indonesia dapat menciptakan sinergi yang saling menguntungkan dalam industri kosmetik dan perawatan pribadi, serta menghadapi persaingan global dengan lebih baik.

“Produk kosmetik dan perawatan pribadi mengalami pertumbuhan pesat. Pertumbuhan yang kuat ini terutama didorong oleh banyaknya konsumen muda yang mulai aktif berpartisipasi dalam pasar kecantikan dan perawatan pribadi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (25/7/2023). 

Baca Juga: Melihat Prospek Pasar Bisnis Komestik di Asean


Sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand merupakan salah satu yang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara.

Sivara memaparkan nilai pasar kosmetik mewah dan wewangian di Thailand mencapai sekitar US$487 juta pada 2022.

Proyeksi menunjukkan bahwa pendapatan dari segmen kosmetik di pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand akan terus meningkat antara tahun 2023 dan 2027, dengan kenaikan sebesar US$186,7 juta atau tumbuh sebesar 25,61 persen. Diperkirakan pendapatan ini akan mencapai US$915,56 juta pada 2027.

Selain itu, pertumbuhan ekspor kosmetik Thailand juga menarik perhatian. Diperkirakan ekspor kosmetik ini akan mencapai U$2,6 miliar pada 2026, meningkat dari U$2,3 miliar pada 2021. Proyeksi ini menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 2,2 persen Year-on-Year (YoY). Bahkan, sejak tahun 1994, pasokan negara ini telah tumbuh dengan rata-rata 4,9 persen per tahun.

Meskipun Thailand menghadapi beberapa faktor negatif terutama inflasi tinggi dan tekanan pada pendapatan dan daya beli, di sepanjang tahun 2022, namun industri kecantikan dan perawatan pribadi tetap menunjukkan kinerja yang tangguh berkat adanya pemulihan aktivitas sosial dan gaya hidup normal.

Dia menilai industri kecantikan Indonesia tak jauh berbeda dengan kondisi Thailand di mana juga mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan, selama pandemi, pada saat semua bisnis mengalami pemerosotan, industri kecantikan justru naik dan banyak pengusaha yang terjun ke bisnis kosmetik dan perawatan pribadi.

Baca Juga: Prospek Industri Komestik Kian Cantik


Melihat potensi tersebut, sektor industri kecantikan mengadakan ajang Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching. Adapun sebanyak 18 perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand hadir yakni seperti untuk kategori skin care yaitu IN2IT, Milk Plus, De Leaf Thanaka, Proud, Madelyn, Natural Serisin Premium, Mc Jabrial, Natural Medisilk Premium, P.O Care, Ustar-Signature, milk.

Sementara untuk kategori hair care hadir merk Biowoman dan Narose, sedangkan body care diwakilin oleh merk Fae and Mae, serta Orchid Wonder. Adapun untuk herbal aroma spray/parfum serta inhaler ada merk Ayatana, Kiss of Beauty dan Idogragrance, dan untuk kosmetik, beauty dan spa hadir Pattrena dan Merry Cosmetic Laboratory.

Dia menilai, ajang ini merupakan peluang emas bagi para pelaku usaha industri kecantikan di Thailand untuk merambah pasar Indonesia. Namun, tentu saja mereka harus memenuhi syarat seperti lolos uji dari BPOM dan memperoleh sertifikasi halal. 

“Ini merupakan edukasi bagi perusahaan Thailand yang masuk ke Indonesia untuk memenuhi sertifikasi halal dan lolos uji dari BPOM. Kendati sempat terjadi kesalahpahaman, mereka akhirnya memahami bahwa hal tersebut mudah dilakukan,” ucapnya.

Sivara meyakini keunggulan produk kosmetik Thailand terletak skincare yang menggunakan bahan organik alami sehingga akan diminati pasar penduduk Indonesia. Dia juga optimistis bisa bersaing dengan produk kecantikan dari negara lain seperti Perancis maupun Korea. 

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta periode 2019-2024 menuturkan pihaknya akan terus membuka konektivitas bisnis dengan menjalin kerja sama dan kemitraan dengan para pengusaha mancanegara.

“Kolaborasi antara pengusaha Indonesia dan Thailand ini sangat penting. Kami juga akan berdiskusi peluang bisnis untuk Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.