Kredit Berisiko Bank Jumbo Kian Landai, Sinyal Ekonomi Membaik

Sejumlah perbankan Tanah Air terpantau kompak mencatatkan penurunan kredit dan pembiayaan berisiko yang tercermin dalam rasio loan at risk (LAR) pada semester I/2023.

Arlina Laras & Emanuel Berkah Caesario

14 Sep 2023 - 16.31
A-
A+
Kredit Berisiko Bank Jumbo Kian Landai, Sinyal Ekonomi Membaik

Ilustrasi bisnis bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Indikator keuangan industri perbankan pada paruh pertama tahun ini secara umum menunjukkan perbaikan, baik dari sisi profitabilitas, likuiditas, maupun risiko kredit. Salah satu indikator penting kualitas kredit, yakni loan at risk (LaR) pun menunjukkan penurunan.

LaR tidak sama dengan kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL), meskipun keduanya sama-sama menjadi indikator tingkat kesehatan kinerja perbankan. LaR memiliki cakupan yang lebih luas ketimbang NPL.

Sebagaimana diketahui, dalam konteks penyaluran kredit, bank membagi kualitas kredit ke dalam lima tingkat kolektibilitas atau status keadaan pembayaran angsuran dan bunga kredit oleh debitur. Kelimanya yakni lancar (Kol-1), dalam perhatian khusus (Kol-2), kurang lancar (Kol-3), diragukan (Kol-4), dan macet (Kol-5).

Kolektibilitas yang masuk dalam kategori NPL adalah Kol-3, Kol-4, dan Kol-5. Sementara itu, LaR turut menghitung kredit dalam kategori Kol-2, bahkan juga kategori Kol-1 yang mendapatkan status lancar setelah mengalami restrukturisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kredit Berisiko Bank Jumbo Kian Landai, Sinyal Ekonomi Membaik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.