Kredit Usaha Rakyat Jadi Katalisator Pertumbuhan Kredit Bank

Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) tahun ini menjadi salah satu penopang bagi pertumbuhan kredit industri perbankan yang masih lesu selama periode pandemi.

Dionisio Damara & Rika Anggraeni

17 Jan 2022 - 14.03
A-
A+
Kredit Usaha Rakyat Jadi Katalisator Pertumbuhan Kredit Bank

Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) menjadi salah satu program andalan untuk mendongkrak pembiayaan./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Penyaluran kredit usaha mikro kecil dan menengah khususnya terkait dengan kredit usaha rakyat bisa menjadi tumpuan untuk menjaga kinerja bisnis perbankan pada tahun ini. Kelompok usaha kecil menengah memiliki permintaan yang cukup baik.

Data Bank Indonesia hingga November 2021 mencatat kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai Rp1.056,1 triliun atau 18,54% dari total kredit industri perbankan yang mencapai Rp5.694,9 triliun.

Salah satu yang mendorong keyakinan permintaan kredit UMKM adalah naiknya alokasi kredit usaha rakyat (KUR). Alokasi KUR itu di bank-bank nasional, khususnya bank pelat merah akan mampu mendongkrak penyaluran pembiayaan.

Salah satu bank yang percaya diri dengan kinerja penyaluran KUR pada tahun ini yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Bank dengan sandi BBRI itu mendapatkan alokasi Rp260 triliun untuk menyalurkan KUR pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Stefanus Arief Setiaji
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.