Free

Kronologi LPS Tuntut Ganti Rugi Rektor UGM

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengajukan gugatan terhadap pengurus PT BPR Tripilar Arthajaya. Salah satunya adalah Rektor UGM Ova Emilia selaku pemegang saham.

Jaffry Prabu Prakoso

3 Nov 2022 - 19.12
A-
A+
Kronologi LPS Tuntut Ganti Rugi Rektor UGM

Proses likuidasi bank gagal oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dok. LPS RI

JAKARTA – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dilaporkan bakal mengajukan gugatan terhadap tiga mantan pengurus "bank gagal" PT BPR Tripilar Arthajaya.

Yang terbaru, nama rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia mulai disoroti karena diketahui sebagai pemegang saham PT BPR Tripilar Arthajaya.

Selain itu, layangan gugatan juga akan menyasar mantan direktur dan komisaris PT BPR Tripilar Arthajaya yakni Bambang Wahyudi dan Djungtjik Arsan serta yang mengendalikan perseroan yakni Abdul Nasir alias Jang Keun Won sebagai pihak terkait.



Karyawan membersihkan logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti



Untuk diketahui sebelumnya, penggugatan yang dilakukan LPS merupakan bentuk dari upaya untuk memperoleh perbaikan (pemulihan) aset bank gagal akibat adanya penipuan.

“Upaya pengajuan gugatan dilakukan atas dasar melawan hukum yang dilakukan oleh mantan pemegang saham bank yang gagal sehingga mengakibatkan kerugian bagi LPS akibat tidak optimalnya biaya penjaminan yang diajukan oleh LPS,” ujar Direktur Eksekutif Hukum LPS Ary Zulfikar melalui keterangan resminya, dikutip pada Kamis (3/11/2022).

Lebih lanjut, LPS menjelaskan bahwa telah melakukan permohonan eksekusi ke Pengadilan Negeri Yogyakarta terhadap mantan pengurus dan pemilik saham PT BPR Tripilar Arthajaya.


Baca juga: Perluasan LPS Jadi Penjamin Polis & Perbaikan Citra Asuransi


Gugatan yang dilayangkan menuntut para pengurus PT BPR Tripilar Arthajaya untuk membayar tagihan senilai Rp29,13 miliar untuk menambal biaya kerugian kepada LPS.

"Para Tergugat terbukti telah melakukan perbuatan melawan hukum yang menyebabkan kerugian bagi LPS dan untuk itu para tergugat telah dihukum untuk membayar kerugian kepada LPS sebesar Rp29.137.542.200," jelasnya

Atas permohonan eksekusi yang dilayangkan LPS, Pengadilan Negeri Yogyakarta akan melaksanakan sidang aanmaning (teguran) terhadap mantan pengurus dan pemegang saham BPR Tripilar serta pihak terkait yang dihukum.


Baca juga: Bunga Penjaminan LPS Naik, Sinyal Kuat Penyesuaian Bunga Bank


Jika gugatan tersebut tidak diindahkan dan pembayaran kerugian senilai Rp29,13 miliar tidak diberitahukan, LPS secara lebih lanjut akan menambahkan aset-aset milik PT BPR Tripilar Arthajaya.

"Dalam hal pihak-pihak yang dimaksud tidak berjalan kooperatif untuk memenuhi kewajibannya maka LPS akan segera mengajukan permohonan sita atas aset-aset milik pihak-pihak yang menyebabkan bank gagal tersebut," pungkas LPS.

Tak hanya PT BPR Tripilar Arthajaya, LPS juga memaparkan sejumlah pengurus dan direksi bank mangkrak lain yang telah digugat. 



Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ova Emilia memberikan keterangan pers mengenai keaslian ijazah Presiden Joko Widodo di Kampus UGM, Sleman, Selasa (11/10/2022)./Antara

 


Gugatan yang telah diajukan LPS terhadap mantan pengurus BPR atau BPRS gagal lainnya:

- Mantan pengurus PT BPR Tripanca Setiadana di Pengadilan Negeri Tanjungkarang

- Mantan pengurus dan pemegang saham BPR Citraloka Danamandiri di Pengadilan Negeri Bandung

- Mantan pengurus dan pemegang saham BPR Tripilar Arthajaya serta pihak terkait di Pengadilan Negeri Yogyakarta

- Mantan pengurus BPR Multi Artha Mas Sejahtera di Pengadilan Negeri Jakarta Utara

- Mantan pengurus BPR Kudamas Sentosa di Pengadilan Negeri Surabaya

- Mantan pengurus BPRS Al Hidayah di Pengadilan Agama Bangil

- Serta mantan pengurus BPR Efita di Pengadilan Negeri Depok (Alifian Asmaaysi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.