Kuda-Kuda Leasing Kala Stimulus Restrukturisasi Kredit Disetop

Industri perusahaan pembiayaan dinilai telah cukup siap secara fundamental menyongsong disetopnya stimulus restrukturisasi kredit leasing.

Pernita Hestin Untari

4 Apr 2024 - 16.09
A-
A+
Kuda-Kuda Leasing Kala Stimulus Restrukturisasi Kredit Disetop

Bisnis, JAKARTA— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menghentikan stimulus restrukturisasi kredit perusahaan pembiayaan atau multifinance pada 17 April 2024. Lantas bagaimana kesiapan industri leasing atas kebijakan tersebut?

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman mengatakan restrukturisasi kredit multifinance awalnya dijadwalkan berakhir pada April 2023. 

Adapun hal tersebut diatur dalam beleid Peraturan OJK (POJK) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Perubahan kedua Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank. Namun kemudian diperpanjang hingga 17 April 2024 lewat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP—55/KDK.05.2022 tentang Penetapan Kebijakan Relaksasi Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non Bank.

Berkaitan dengan penghentian stimulus tersebut, lanjut Agusman, kebijakan tidak akan mempengaruhi  Non Performing Financing (NPF) industri. Menurutnya, apabila kebijakan tersebut dihentikan pada 17 April, makan NPF gross tidak berdampak signifikan, yakni sekitar 2,48% hingga 2,55%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.