Kuda-Kuda Bank Pelat Merah Tekan Rasio Kredit Bermasalah (NPL)

Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) berkomitmen menjaga kualitas kredit seiring dengan penyaluran kredit yang kian gencar, sehingga tak akan menimbulkan kredit bermasalah (non performing loan/NPL) di masa depan.

Arlina Laras & Emanuel Berkah Caesario

31 Agt 2023 - 16.50
A-
A+
Kuda-Kuda Bank Pelat Merah Tekan Rasio Kredit Bermasalah (NPL)

Ilustrasi NPL. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Bank-bank papan atas yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara gencar menekan rasio kredit bermasalah mereka pada awal tahun ini. Kondisi pandemi yang mereda dan gejolak ekonomi yang relatif terkendali menjadikan kualitas kredit kian membaik.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., misalnya, sukses menjaga rasio nonperforming loan (NPL) perseroan tidak lebih tinggi dari tiga persen hingga akhir Juni 2023.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan bahwa NPL BRI menyentuh angka 2,95 persen pada akhir Juni 2023, membaik dibanding periode yang sama tahun lalu, yaitu 3,26 persen.

“Menurut saya, angka NPL 2,95 persen untuk bank [BRI] yang main di UMKM, ini menunjukkan kemampuan kita me-manage portofolio UMKM dengan baik. Sementara itu, NPL coverage kita juga sudah mencapai 248,54 persen,” ujarnya saat Paparan Kinerja BRI, Rabu (31/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.