Free

Kuda-Kuda Pemerintah Hadapi Lonjakan Wisatawan Jalur Puncak Bogor

Jumlah wisatawan khususnya wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kabupaten Bogor sepanjang tahun 2023 mencapai 12,7 juta wisatawan, sedangkan wisatawan mancanegara mencapai sebesar 500.000 wisatawan.

Alifian Asmaaysi

8 Apr 2024 - 23.45
A-
A+
Kuda-Kuda Pemerintah Hadapi Lonjakan Wisatawan Jalur Puncak Bogor

Antrean kendaraan memadati jalur puncak Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/4)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) memprediksi jumlah masyarakat yang akan melintasi jalur Puncak pada musim mudik dan libur lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 140.000 sampai 160.000 kendaraan.

Prediksi masyarakat yang melintasi jalur Puncak tersebut jumlahnya mencapai empat kali lipat dari daya tampung kapasitas jalan. 

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan jalur Bogor Jawa Barat diperkirakan akan kembali dipadati masyarakat juga wisatawan pada musim mudik dan libur lebaran tahun ini. Dia menegaskan wisata Puncak Bogor siap menerima pengunjung libur Lebaran.

“Kita nyatakan di titik ini bahwa wisata Puncak Bogor siap menerima lonjakan pengunjung Lebaran, tapi tolong harus sama-sama kita tangani jangan sampai terjadi penumpukan sampah maupun kita jaga destinasi agar tetap mengacu pada pelestarian alam,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (8/4/2024). 

Menurutnya, hal pertama yang perlu disiapkan adalah pengaturan lalu lintasnya.
Secara kapasitas, jalur Puncak Bogor dirancang untuk 36.000 kendaraan. Namun kendaraan yang nanti diprediksi melintasi jalur ini mencapai 160.000 kendaraan atau empat kali lipat dari kapasitas.
Oleh karena itu, hal ini membutuhkan dukungan semua pihak terkait pengalihan dan pengaturan dari segi jamnya, serta butuh kesabaran. 
“Kami tentunya menyiapkan destinasi-destinasi pilihan untuk wisatawan tidak menumpuk di satu destinasi,” katanya.
Dia mengimbau pemudik dan pengunjung Lebaran untuk berwisata dengan aman, nyaman dan menyenangkan di Kabupaten Bogor. Dia juga mengimbau agar wisatawan tidak perlu memaksakan diri jika kondisi cuaca tidak memungkinkan.
“Silakan berwisata dengan aman, nyaman, dan menyenangkan di Kabupaten Bogor, tetapi mohon cek kepadatan pengunjung dan cek juga kondisi lalu lintas terkini, serta sesuaikan dengan mitigasi ancaman perubahan cuaca secara ekstrem,” ucapnya. 

Sejalan dengan hal itu, pihaknya berkomitmen untuk menjalin kolaborasi dengan sejumlah pihak mulai dari pemerintah daerah hingga anggota kepolisian dalam mendukung momen mudik dan libur lebaran tahun ini dengan aman dan nyaman.

Sandiaga mengapresiasi banyak atraksi yang dihadirkan di Puncak Bogor untuk menarik minat kunjungan wisatawan. Berdasarkan data, jumlah wisatawan khususnya wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kabupaten Bogor sepanjang tahun 2023 mencapai 12,7 juta wisatawan, sedangkan wisatawan mancanegara mencapai sebesar 500.000 wisatawan. 

Baca Juga: Ini Kabar Terbaru Progres Rencana Pembangunan Jalan Tol Puncak

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menuturkan pihaknya bersama seluruh instansi terkait siap menyambut kehadiran masyarakat selama musim mudik dan libur lebaran tahun ini. 

Di Kabupaten Bogor tepatnya di sepanjang jalur Puncak memang terdapat banyak destinasi wisata juga sentra ekonomi kreatif favorit masyarakat. 

“Maka kami mempersiapkan semua, tidak hanya infrastruktur fisik dan kesiapan di lapangan. Terkait mitigasi bencana di lokasi-lokasi wisata juga sudah kita persiapkan dan akan ditugaskan personel untuk stand by di semua tempat dalam rangka memastikan dukungan kepada wisatawan yang berlibur. Karena tahun ini cukup panjang liburannya,” tuturnya. 

Terpisah, KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto Ashari menjelaskan, Polres Bogor pada musim mudik dan libur lebaran tahun ini menyiapkan 400 personel di sepanjang jalur Puncak. 

“Karena memang jalur Puncak tidak hanya sebagai jalur mudik, tapi juga menjadi jalur wisata,” ujarnya. 

Kepadatan di jalur Puncak diperkirakan akan mencapai titik tertingginya pada satu hari setelah lebaran yakni ketika bertemunya antara arus wisata dengan arus balik Lebaran mulai 12 hingga 21 April 2024. 

Pihaknya telah memetakan ada 72 titik hambat di sepanjang jalur Puncak. Namun yang utama ada di lima titik yakni di Pasir Muncang, simpang Mega Mendung, simpang Loka Wiratama, Pasar Cisarua, serta simpang Taman Safari. 

Masyarakat diimbau untuk menyesuaikan waktu keberangkatan saat melakukan mudik maupun wisata di Puncak. 

“Kami tetap melaksanakan penerapan sistem ganjil genap di jalur Puncak dari tanggal 5 hingga 16 April 2024. Kecuali pada hari pertama lebaran,” ujar Ardian. 

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu serta memperhatikan kondisi kendaraan dan kesehatan diri. 

“Satlantas Polres Bogor mengimbau masyarakat yang melaksanakan pergerakan mudik dari luar daerah yang melintas kawasan wisata Puncak, apabila sudah lelah atau letih di Simpang Gadog ini ada pos terpadu. Silakan bisa digunakan sebagai tempat beristirahat,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.