Kuliner Khas NTT: Se’i, Daging Sayat yang Nikmat

Salah satu sambal yang kerap dikombinasikan dengan Se’i adalah sambal lu’at yang terbuat dari campuran cabai, jeruk nipis, dan daun lu’at.

Mia Chitra Dinisari

31 Okt 2021 - 16.04
A-
A+
Kuliner Khas NTT: Se’i, Daging Sayat yang Nikmat

Se'i sapi Raja Se'i Gading Serpong/food.grab.com

Bisnis, JAKARTA - Indonesia adalah surga bagi pecinta wisata dan penikmat kuliner. Setiap daerah di Tanah Air memiliki hindangan khas yang memiliki cita rasa dan kenikmatan tersendiri.

Nusa Tenggara Timur misalnya memiliki berbagai makanan khas, salah satunya adalah se'i. Rasanya yang khas membuat se'i mengisi daftar tren kuliner populer di Indonesia dan, tentu saja, viral di media sosial.

Se’i sendiri merupakan daging asap yang diolah dengan bumbu tertentu dan menghasilkan cita rasa yang kaya dan bikin nagih. Tak hanya bisa dicicipi langsung di NTT, se'i dapat dinikmati di beberapa restoran yang ada di Ibu Kota.

Salah satu restoran yang memiliki specialty menu se'i lezat adalah RAJA SE'I, milik public figure Rizky Billar. Saat ini RAJA SE’i telah memiliki 30 outlet yang tersebar di Jabodetabek.

“Kami berkomitmen untuk mengambil bagian dalam mengembangkan dan melestarikan kuliner Indonesia. Oleh karena itu, kami selalu mencari cara untuk memudahkan masyarakat mengonsumsi makanan ini,” kata Christopher Sebastian Iskandar, owner RAJA SE’I dalam keterangan tertulisnya.

Ilustrasi/instagram@rajasei

Seperti makanan khas daerah lainnya yang kerap memiliki cerita unik, Se’i juga menyimpan cerita khusus di balik kelezatannya.

Berikut 5 fakta unik mengenai Se’i dari RAJA SE’I.

1. Berasal Dari Nusa Tenggara Timur (NTT)

Tak hanya memiliki lanskap alam yang menakjubkan, NTT juga punya kuliner khas yang lezat. Se’i merupakan makanan hasil olahan khas dari Kabupaten Rote Ndao, wilayah paling selatan di Negara Republik Indonesia dan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kupang.

2. Arti Kata Se’i

Se’i berarti daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api sampai matang. Se’i adalah makanan khas suku Rote, penduduk asli Pulau Rote. Makanan ini kemudian merambah selera masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dan populer hingga luar negeri.

3. Aroma dan Tekstur Yang Memorable

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang diterapkan nenek moyang masyarakat NTT untuk mempertahankan kualitas daging sapi. Sistem pengasapan ini juga menjadi salah satu faktor di balik kelezatan Se’i. Pengasapan menghasilkan daging sapi dengan aroma harum, tekstur empuk, dan rasanya yang lezat.

4. Makin Nikmat dengan Sambal dan Sayuran

Sama halnya dengan makanan lain yang makin lezat saat dibuat pedas, Se’i pun makin nikmat jika dikombinasikan dengan sambal. Salah satu sambal yang kerap dikombinasikan dengan Se’i adalah sambal lu’at yang terbuat dari campuran cabai, jeruk nipis, dan daun lu’at.

Tak hanya sambal, pelengkap lain seperti tumis bunga pepaya menjadikan se’i semakin nikmat. Alternatif sambal yang juga bisa menjadi pilihan adalah sambal matah dan sambal terasi.

5. Se’i Kekinian

Dalam beberapa waktu terakhir, se’i viral di media sosial, terutama oleh anak-anak muda. Kegemaran anak muda akan se’i kemungkinan ada kaitannya dengan kombinasi-kombinasi unik dari se’i yang menyesuaikan dengan tren sekarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.