Kupon Makin Tinggi, SBR011 Diprediksi Laris Manis

Kalangan analis memperkirakan surat berharga negara (SBN) ritel seri Savings Bond Ritel (SBR) SBR011 yang akan mulai ditawarkan mulai besok, Rabu (25/5) bakal meraup penjualan yang tinggi, setidaknya mencapai Rp10 triliun.

Emanuel Berkah Caesario

24 Mei 2022 - 19.43
A-
A+
Kupon Makin Tinggi, SBR011 Diprediksi Laris Manis

ilustrasi obligasi

Bisnis, JAKARTA — Kondisi pasar surat utang yang kini mulai ditandai oleh besaran yield yang makin tinggi akibat tren kenaikan suku bunga global memaksa pemerintah untuk turut menyesuaikan besaran kupon terhadap instrumen surat berharga negara (SBN) ritel.

Seri terbaru yang bakal diterbitkan negara, yakni seri Saving Bond Retail (SBR) SBR011 pun akhirnya harus ditawarkan dengan tingkat kupon yang jauh lebih tinggi dibanding seri-seri sebelumnya, yakni sebesar 5,50 persen.

Bahkan, besaran kupon itu pun masih berpotensi meningkat lebih tinggi lagi jika nantinya Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya, sebab seri SBR memiliki ciri kupon mengambang dengan batas bawah atau floating with floor.

Artinya, kupon sebesar 5,50 persen adalah batas bawahnya (floor) yang tidak akan diturunkan meski suku bunga acuan turun, tetapi besaran kupon ini akan meningkat jika suku bunga acuan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kupon Makin Tinggi, SBR011 Diprediksi Laris Manis

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.