Kurangi Emisi dan Efisiensi Aset

Pemanfaatan bahan bakar biomassa sebagai campuran batu bara untuk kegiatan operasional pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU dinilai mampu menjaga operasional pembangkit dengan tingkat emisi lebih rendah dari penggunaan bahan bakar fosil.

Anitana Widya Puspa & Rahmad Fauzan

18 Des 2023 - 08.14
A-
A+
Kurangi Emisi dan Efisiensi Aset

Biomassa dari sampah yang digunakan untuk co-firing atau bahan bakar pendamping batu bara PLTU/PLN

Bisnis, JAKARTA — Pemanfaatan bahan bakar biomassa sebagai campuran batu bara untuk kegiatan operasional pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU dinilai mampu menjaga operasional pembangkit dengan tingkat emisi lebih rendah dari penggunaan bahan bakar fosil. Bagaimana upaya pemanfaatan bahan bakar biomassa ke depan, Bisnis berkesempatan mewawancarai Direktur Biomassa PT PLN Energi Primer Indonesia Antonius Aris Sudjatmiko. Berikut petikannya:

Apa latar belakang adanya aturan terkait dengan pemanfaatan biomassa?

Peraturan Menteri ESDM No. 12/2023 tentang Pemanfaatan Bahan Bakar Biomassa Sebagai Campuran Bahan Bakar pada PLTU sudah dibahas sejak 2021. Pembahasan dilakukan antara PT PLN (Persero), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, asosiasi, dan beberapa pemangku kepentingan lain.

Cofiring biomassa menjadi perhatian besar karena di hulunya banyak melibatkan masyarakat. Seperti pengumpulan sekam, jagung, hingga ranting-ranting pasti melibatkan masyarakat, sebelum kemudian dikumpulkan, diproses, dan dimanfaatkan untuk mengurangi pemakaian batu bara di PLTU. Jadi, aspek sosial kerakyatannya besar sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kurangi Emisi dan Efisiensi Aset

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.