Kurangi Emisi Karbon di Bandara, AP II Kebut PLTS Tiap Tahun

Angkasa Pura II akan melanjutkan pembangunan PLTS atap setiap tahun, yang tertera dalam rencana induk atau masterplan pengembangan eco airport periode 2021-2030.

Sri Mas Sari

13 Feb 2022 - 16.02
A-
A+
Kurangi Emisi Karbon di Bandara, AP II Kebut PLTS Tiap Tahun

Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta./AP II

Bisnis, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) mulai membangun pembangkit listrik tenaga surya di sejumlah bandara kelolaannya untuk ikut menyumbang pengurangan emisi karbon. Bandara selama ini menyumbang 2 persen emisi karbon global.

Tahun lalu, AP II telah membangun PLTS di atap bangunan Bandara Soekarno Hatta, Kualanamu, dan Banyuwangi, dengan kapasitas total 1,83 megawatt peak (MWp). 

Operator bandara pelat merah itu akan melanjutkan pembangunan PLTS atap setiap tahun, yang tertera dalam rencana induk atau masterplan pengembangan eco airport periode 2021-2030. 

Tahun ini, AP II menggandakan penggunaan PLTS atap sebagai energi menjadi 3,78 MWp. Pemanfaatan energi terbarukan akan terus ditingkatkan dengan membangun PLTS di atas tanah (ground mounted) berkapasitas 18,69 MWp dan PLTS terapung (floating) berkapasitas 1,8 MWp mulai 2023.

Selanjutnya pada 2025, sebanyak 20 bandara kelolaan AP II akan memiliki PLTS berkapasitas 26,34 MWp. 

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di bandara sejalan dengan kesepakatan antara Airport Council International [ACI] dan seluruh operator bandara di dunia untuk mendukung program global net zero carbon emission 2050.

"Pemanfaatan EBT di lingkungan AP II sangat mendukung implementasi teknologi dalam mewujudkan smart airport sehingga meningkatkan daya saing bandara-bandara AP II pada era industry 4.0," ujarnya, Minggu (13/2/2022). 

Awaluddin melanjutkan, pemanfaatan EBT di lingkungan bandara AP II akan menggunakan teknologi-teknologi baru yang bisa diintegrasikan dengan teknologi yang eksis. (Rahmi Yati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.