Laba Emiten Unggas Meranggas, Bagaimana Prospeknya?

Konflik geopolitik dan gangguan rantai pasok membuat beban biaya bahan baku pada 2022 membengkak dan menggerus performa bottom line emiten unggas sepanjang 2022.

Emanuel Berkah Caesario

10 Apr 2023 - 18.03
A-
A+
Laba Emiten Unggas Meranggas, Bagaimana Prospeknya?

Ilustrasi peternakan unggas. Sumber: Canva.

Bisnis, JAKARTA — Konflik geopolitik yang menyebabkan gangguan pada rantai pasok komoditas pakan ternak menjadikan beban biaya bahan baku emiten unggas membengkak sepanjang 2022 lalu. Alhasil, pertumbuhan penjualan tak mampu mengerek laba emiten sektor ini untuk tumbuh.

Kenaikan pendapatan terjadi seiring dengan pulihnya permintaan karena kondisi pandemi yang mereda. Sayangnya, emiten unggas tak mampu mengerek harga jual terlalu tinggi untuk mengompensasi pembengkakan beban biaya produksi, sehingga margin pun tergerus.

Data yang dihimpun Bisnis memperlihatkan bahwa tiga dari empat perusahaan sektor perunggasan yang telah merilis kinerja 2022 melaporkan penurunan laba bersih hingga dua digit. Penurunan itu dibukukan meskipun kenaikan pendapatan mendekati 10 persen secara tahunan.

Pemimpin pangsa pasar unggas PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN) adalah salah satu contohnya. Penjualan Charoen Pokphand per Desember 2022 mencapai Rp56,86 triliun, naik 9,99 persen dibandingkan dengan 2021 sebesar Rp51,69 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Laba Emiten Unggas Meranggas, Bagaimana Prospeknya?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.