Lagi-lagi, Isu Keamanan di Tengah Panen Transaksi QRIS Perbankan

Modus baru penyalahgunaan teknologi QRIS terungkap, menunjukkan masih adanya cela pemanfaatan teknologi mutakhir ini untuk tindak kejahatan. Kalangan perbankan dan Bank Indonesia pun berupaya meningkatkan keamanan, sembari mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati.

Emanuel Berkah Caesario

12 Apr 2023 - 18.43
A-
A+
Lagi-lagi, Isu Keamanan di Tengah Panen Transaksi QRIS Perbankan

Ilustrasi QRIS. Sumber: Bank Indonesia

Bisnis, JAKARTA — Ada saja peluang yang mampu dilihat oleh pelaku kejatahan di balik perkembangan teknologi baru di industri jasa keuangan, termasuk yang terbaru pada teknologi QRIS. Metode transaksi ini kini makin populer dan kalangan perbankan pun memperketat pengamanan.

Kasus QRIS yang viral akhir-akhir ini memiliki modus berupa rekayasa stiker palsu. Pelaku bernama Mohammad Iman Mahlil Lubis diketahui membuat kode QRIS dan menempelkannya di kotak amal masjid.

Sejak 1 April 2023 hingga tertangkap belum lama ini, dia telah menyebar kode QRIS tersebut di 38 titik. Adapun bila masyarakat melakukan scan dan mengirim uang melaui kode QRIS tersebut, maka uang akan masuk ke rekening Restorasi Masjid di PT Bank Nationalnobu Tbk. (Nobu) dan Linkaja.

Atas kejadian itu, Bank Nobu pun langsung bertindak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Lagi-lagi, Isu Keamanan di Tengah Panen Transaksi QRIS Perbankan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.