Laju IHSG dalam Bayang-Bayang Pelemahan Harga Komoditas

IHSG masih dalam bayang-bayang pelemahan seiring dengan potensi berlanjutnya koreksi harga komoditas di pasar. Meskipun begitu, pasar modal Indonesia juga dinilai memiliki ketahanan yang relatif kuat, sehingga tingkat koreksi diperkirakan tidak akan terlalu parah.

Emanuel Berkah Caesario

11 Mar 2022 - 19.40
A-
A+
Laju IHSG dalam Bayang-Bayang Pelemahan Harga Komoditas

Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah di akhir perdagangan pekan ini, Jumat (11/3), di tengah pengumuman kenaikan inflasi Amerika Serikat dan penurunan serentak harga sejumlah komoditas. Meski demikian, analis meyakini peluang penguatan IHSG masih ada.

Hari ini, IHSG dibuka melemah 0,74 persen ke level 6.872,63, padahal kemarin ditutup di level 6.924,0. Sepanjang hari, IHSG tertahan di teritori negatif. Namun, di sesi kedua perdagangan hari ini IHSG perlahan bangkit hingga akhirnya hanya ditutup melemah tipis 0,02 persen ke level 6.922,60.

Hari ini, investor asing banyak melepas saham di pasar dengan total net sell hingga Rp73,79 miliar di seluruh pasar. Transaksi investor hari ini mencapai Rp14,39 triliun, relatif sejalan dengan nilai rata-rata transaksi harian sepanjang 2022 yang sekitar Rp14,33 triliun.

Melemahnya IHSG hari ini tampaknya tidak terlepas dari faktor pelemahan harga komoditas global. Maklum, selama ini penguatan IHSG pun lebih banyak ditopang oleh saham emiten-emiten di sektor komoditas, terutama komoditas energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.