Laju Kenaikan Bunga the Fed Melambat, IHSG Turut Terangkat

Sikap the Fed yang lebih lunak dalam menaikkan suku bunga acuan dapat menjadi katalis yang mendorong investor untuk lebih percaya diri kembali berinvestasi di aset yang lebih berisiko. Ini menjadi sinyal positif untuk pasar saham Indonesia, yang cenderung tertekan awal tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

2 Feb 2023 - 19.08
A-
A+
Laju Kenaikan Bunga the Fed Melambat, IHSG Turut Terangkat

Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, JAKARTA — Keputusan Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, untuk kembali menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps mengindikasikan sikap yang lebih lunak dalam kebijakan pengetatan moneter. Hal ini dapat menjadi katalis positif bagi pasar modal Indonesia.

Indeks harga saham gabungan (IHGS) pun bergerak positif hari ini, Kamis (2/2/2023), menandakan investor cenderung menyikapi sikap the Fed tersebut sebagai sentimen yang baik untuk pasar. Kondisi ini sejalan dengan yang terjadi di pasar global.

Setelah peningkatan suku bunga the Fed, Nasdaq tercatat menguat 2 persen, S&P 500 menguat 1 persen, sedangkan DJIA berakhir flat dengan 0,2 persen. Penguatan pasar saham ini ditengarai karena kebijakan the Fed tersebut sesuai dengan ekspektasi pasar.

The Fed pada Rapat Komite Pasar Terbuka (FOMC) kembali menaikkan suku bunga acuan pada 1 Februari 2023 atau Kamis (2/2/2023) dini hari waktu Indonesia. Namun, kini kenaikannya hanya sebesar 25 bps menjadi dalam kisaran 4,5 persen hingga 4,75 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Laju Kenaikan Bunga the Fed Melambat, IHSG Turut Terangkat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.