Laju Kencang Ekspor Mobil ke Pasar Asean

Ekspor mobil dari Indonesia ke pasar Asean sepanjang tiga bulan pertama 2023 melaju kencang. Jalur lempang Asean AEO MRA (AAMRA) yang merupakan salah satu inisiatif di forum Asean Customs semestinya bisa semakin memacu pengapalan.

Fatkhul Maskur

7 Mei 2023 - 18.33
A-
A+
Laju Kencang Ekspor Mobil ke Pasar Asean

Mobil Toyota siap dikapalkan dari Indonesia. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Ekspor mobil dari Indonesia ke pasar Asean sepanjang tiga bulan pertama 2023 melaju kencang. Jalur lempang Asean AEO MRA (AAMRA) yang merupakan salah satu inisiatif di forum Asean Customs semestinya bisa semakin memacu pengapalan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan pengapalan mobil dari Indonesia ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada periode Januari-Maret 2023 meningkat kuat atau di atas rata-rata pertumbuhan ekspor otomotif secara umum.

Pengapalan mobil dalam keadaan utuh (completely built-up) dari Indonesia ke pasar Asean pada kuartal pertama tahun ini mencapai 71.409 unit atau meningkat sekitar 57% dibandingkan periode yang sama tahun lalu di angka 45.448 unit.

Pada saat yang sama, ekspor mobil CBU dari Indonesia secara keseluruhan bertumbuh 39,9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 95.720 unit menjadi 133.928 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Laju Kencang Ekspor Mobil ke Pasar Asean

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.