Laju Kencang Jasa Marga (JSMR) Mengaspal di Jalan Bebas Hambatan

Mulai terkendalinya pandemi Covid-19 dan juga kembali normalnya aktivitas masyarakat tentu berdampak pada kinerja Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Salah satunya PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan total 1.260 kilometer jalan tol di Indonesia dari total konsesi sepanjang 1.809 Km

Yanita Petriella
Sep 14, 2022 - 2:23 PM
A-
A+
Laju Kencang Jasa Marga (JSMR) Mengaspal di Jalan Bebas Hambatan

Ruas tol Jakarta - Cikampek Elevated yang dimiliki JSMR

Bisnis, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih menjadi pemegang operator tol terbesar di Tanah Air. Jasa Marga merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) yang bergerak di bidang penyelenggara jasa jalan tol yang telah 44 tahun lalu berdiri. Hingga saat ini, emiten berkode JSMR ini mengoperasikan total 1.260 kilometer jalan tol di Indonesia dari total konsesi yang dimiliki sepanjang 1.809 kilometer (Km).

Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora mengatakan pada kuartal I tahun 2022, JSMR mencatatkan laba bersih senilai Rp392,8 miliar naik 142,7 persen atau Rp231 miliar dari kuartal sebelumnya. Pendapatan perseroan tumbuh 16 persen secara tahunan menjadi Rp3,2 triliun dimana pendapatan tol naik 15,7 persen (yoy) menjadi Rp2,9 triliun. Adapun kontribusi dari pendapatan usaha lain senilai Rp257,8 miliar atau naik 9,8 persen. 

Kinerja positif Jasa Marga khususnya peningkatan pendapatan usaha dan EBITDA disebabkan oleh bertambahnya jumlah jalan tol operasi yang dikelola. Pendapatan JSMR diproyeksi meningkat seiring naiknya volume lalu lintas yang didorong oleh membaiknya mobiilitas masyarakat setelah dilonggarkannya kebijakan PPKM.

Perseroan optimistis mencatatkan kinerja positif pada semester I/2022. Hal ini juga diproyeksikan dalam prediksi kinerja semester I tahun 2022 dengan target pendapatan usaha meningkat 18 persen dan EBITDA meningkat 21 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2021. 

Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Laju Kencang Jasa Marga (JSMR) Mengaspal di Jalan Bebas Hambatan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ