Laju Kredit Bank Agustus 2023 Terindikasi Kian Tinggi

Survei Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit baru pada Agustus 2023 terindikasi meningkat dibandingkan Juli 2023. Faktor utama yang menopang peningkatan tersebut yakni permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta persaingan usaha dari bank lain.

Arlina Laras & Emanuel Berkah Caesario

20 Sep 2023 - 17.52
A-
A+
Laju Kredit Bank Agustus 2023 Terindikasi Kian Tinggi

Ilustrasi perbankan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Survei Bank Indonesia mengindikasinya adanya peningkatan yang cukup pesat pada penyaluran kredit perbankan di bulan Agustus 2023. Kalangan perbankan pun mengamini hal tersebut, sekaligus mengonfirmasi sinyal pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Hasil survei pada perbankan menunjukkan bahwa Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Agustus 2023 tercatat sebesar 86,2 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan SBT pada bulan sebelumnya yang tercatat hanya sebesar 45,1 persen.  

Berdasarkan kategori bank, peningkatan penyaluran kredit baru pada Agustus 2023 diperkirakan terjadi pada hampir seluruh bank, kecuali Bank Umum Syariah.  

Survei Penawaran dan Permintaan Pembiayaan Perbankan Agustus 2023, yang dirilis bank sentral, mengungkap bahwa faktor utama yang mempengaruhi perkiraan peningkatan penyaluran kredit baru pada Agustus 2023 yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta persaingan usaha dari bank lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.