Lampu Hijau Kenaikan Harga, Tiket Pesawat Makin Meroket

Maskapai penerbangan mendapat lampu hijau kenaikan tarif tiket pesawat berjenis jet maupun baling-baling. Kebijakan ini menyusul peraturan baru Kementerian Perhubungan dengan dalih perkembangan harga avtur. Seberapa besar kenaikan tiket dari regulasi anyar ini?

Rayful Mudassir
Aug 7, 2022 - 5:27 PM
A-
A+
Lampu Hijau Kenaikan Harga, Tiket Pesawat Makin Meroket

Bisnis, JAKARTA - Harapan masyarakat terhadap menurunnya harga tiket pesawat harus kandas seketika setelah Kementerian Perhubungan menerbitkan ‘lampu hijau’ kenaikan tarif penumpang maskapai penerbangan domestik mulai bulan ini. 

Penyesuaian tarif baru itu diteken Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui Keputusan Menteri Perhubungan No KM 142/2022. 

Beleid tersebut berisi tentang Besaran Biaya Tambahan (Surcharge) Yang Disebabkan Adanya Fluktuasi Bahan Bakar Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Regulasi anyar ini mengatur besaran biaya tambahan untuk pesawat udara jenis jet paling tinggi 15% dari tarif batas atas (TBA) sedangkan pesawat udara jenis propeller atau baling-baling paling tinggi 25% dari TBA. Ketentuan baru itu berlaku selama 3 bulan sejak aturan itu diundangkan pada 4 Agustus 2022.

Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Lampu Hijau Kenaikan Harga, Tiket Pesawat Makin Meroket

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ