‘Lampu Kuning' Aksi Balik Kampung Manufaktur Jepang

Kendati potensi berkurangnya investasi Jepang di sektor manufaktur Indonesia diperkirakan tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tetap saja apa yang terjadi di negara lain semestinya menjadi ‘lampu kuning’ bagi Indonesia.

Ibeth Nurbaiti

22 Mei 2022 - 17.00
A-
A+
‘Lampu Kuning' Aksi Balik Kampung Manufaktur Jepang

Bendera nasional Jepang dan Indonesia / Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Aksi balik kampung pemain manufaktur Jepang dari sejumlah negara seperti China, Asia Tenggara, dan Rusia turut membayangi kelangsungan investasi Negeri Sakura itu di Indonesia. 

Sentimen global yang melanda Jepang, terutama pelemahan yen terhadap dolar Amerika Serikat, gangguan rantai pasok, hingga tekanan geopolitik memaksa pelaku industri Jepang memindahkan basis produksinya antara lain sektor komponen otomotif, elektronik, dan kosmetik di luar negeri ke negara asalnya.

Di Indonesia, sejumlah sektor manufaktur yang berpotensi ditinggalkan oleh investor Jepang adalah elektronika dengan investasi yang cenderung stagnan dan tekstil yang mengalami kontraksi.

Di sisi lain, manufaktur otomotif yang menjadi porsi terbesar investasi Jepang di Indonesia diyakini masih cukup menjanjikan meskipun perlu adanya upaya lebih keras untuk mendorong ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

‘Lampu Kuning' Aksi Balik Kampung Manufaktur Jepang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.