Lampung Berpotensi Pemasok Utama Pangan bagi Jawa

Pemerintah tengah mengkaji pemisahan angkutan penumpang dan logistik di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang sehingga tidak bercampur sekaligus meningkatkan aspek keselamatan.

Rustam Agus

11 Mei 2022 - 12.30
A-
A+
Lampung Berpotensi Pemasok Utama Pangan bagi Jawa

Bisnis, JAKARTA – Provinsi Lampung dinilai memiliki potensi besar menjadi sentra produksi bahan pangan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia terutama Jawa.

 Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan geliat ekonomi Lampung terus bertumbuh berkat pembangunan infrastruktur oleh pemerintah. Tingkat angkutan logistik saat arus mudik lalu melonjak hingga 116 persen dan kendaraan roda empat naik hingga 27 persen.
 
"Kenaikan 116 persen bukan main-main, artinya Lampung benar-benar menjadi pusat pangan untuk kebutuhan masyarakat di Jawa,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (11/5). 

Kondisinya, lanjut Erick, harus dijaga supaya transportasi untuk masyarakat tidak tercampur dengan transportasi truk-truk besar yang mengakibatkan beban kapal jadi berat dan tidak bagus untuk keselamatan masyarakat

Pemerintah sendiri terus mengkaji pemisahan angkutan logistik dan penumpang di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang. Erick menilai pemisahan fokus tersebut juga akan mempermudah dan memperlancar arus logistik bagi masyarakat Jawa dan Sumatra.
 
"Pelabuhan Panjang sedang didiskusikan dan dipelajari kalau nanti truk-truk besar bisa ke sana,” lanjutnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan logistik dapat terfokus pada Pelabuhan Panjang dan tidak menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni.

Dengan demikian, beban Pelabuhan Bakauheni akan menjadi lebih lapang dan dapat berjalan dengan lebih baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.