Free

Lampung Tunggu Kelanjutan Hilirisasi Olahan Singkong

Selain tapioka, hilirisasi produk singkong sejauh ini berupa asam sitrat dan gula singkong

Rustam Agus

6 Mar 2022 - 10.30
A-
A+
Lampung Tunggu Kelanjutan Hilirisasi Olahan Singkong

Petani singkong tengah menimbang singkong hasil panen / Antara

Bisnis BANDARLAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung mendorong hilirisasi produk olahan singkong di daerah untuk meningkatkan nilai ekonomi komoditi tersebut.
 
"Lampung memang menjadi salah satu daerah penghasil komoditas singkong, dan ada beberapa perusahaan pengelola hasil panen petani singkong disini," ujar Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi, Senin (28/2).

Untuk menambah nilai jual dari komoditas singkong, pemerintah daerah setempat tengah mendorong terbentuknya hilirisasi produk singkong melalui diversifikasi produk.
 
"Saat ini hilirisasi dari singkong ini kebanyakan menjadi tapioka, jadi kita terus dorong untuk diversifikasi ke produk lain selain tapioka, untuk menambah nilai ekonomi dari olahan singkong," katanya.
 
Selain tapioka, sejumlah hilirisasi produk singkong yang ada di daerahnya meliputi asam sitrat dan gula singkong.
 
Lampung memiliki sejumlah sentra penghasil singkong seperti Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Timur, dan Tulang Bawang Barat. “Jadi harus terus dikembangkan untuk hilirisasi produk ini," ucapnya.
 
Pada 2021 telah direncanakan pengembangan beras analog yang berasal dari ubi kayu sebagai alternatif pangan selain beras dari padi, serta menyasar Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Tengah sebagai daerah yang digunakan sebagai pusat pengelolaan.
 
"Dengan rencana pengembangan beras analog, ada juga gula singkong yang bisa menjadi awal mula pengembangan produk singkong selain tapioka di Lampung," kata Kusnardi.
 
Saat ini, Lampung merupakan penghasil ubi kayu yang memiliki luasan lahan singkong mencapai 366.830 hektare. 

Lahan ubi kayu terbesar berada di Lampung Tengah dengan luas 121.000 ha diikuti Lampung Utara 53.994 ha dan Lampung Timur seluas 49.000 ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.