Landainya Harga CPO Bayangi Sawit Grup Salim, Saham Menarik?

Kinerja dua emiten sawit Grup Salim, PT PP London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP) atau Lonsum dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) pada 2023 dibayangi melandainya harga CPO dan potensi resesi ekonomi.

Asteria Desi Kartikasari

27 Des 2022 - 18.56
A-
A+
Landainya Harga CPO Bayangi Sawit Grup Salim, Saham Menarik?

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Kinerja dua emiten sawit Grup Salim, PT PP London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP) atau Lonsum dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) pada 2023 dibayangi  melandainya harga CPO dan potensi resesi ekonomi.

Meskipun dari sisi performa,kedua emiten sawit tersebut masih cukup layak untuk dicermati pada tahun depan.  Sebab, emiten dengan kode saham LSIP dan SIMP tersebut kompak mencatatkan pertumbuhan laba bersih pada periode Januari-September 2022. 

Katalis pendongkrak kekuatan keuangan kedua emiten tersebut salah satunya adalah kenaikan harga rata-rata harga jual produk sawit,  Dalam hal ini, manajemen PP London Sumatra (Lonsum) mencatatkan produksi tandan buah segar (TBS) inti turun 8 persen secara year-on-year (yoy) menjadi 863.000 ton untuk periode Januari—September 2022. Seiring dengan penurunan produksi TBS, produksi CPO terkoreksi 7 persen yoy menjadi 225.000 ton.

Penurunan produksi diikuti dengan berkurangnya volume penjualan produk sawit. Penjualan CPO turun 28 persen yoy menjadi 180.000 ton dari sebelumnya 250.000 ton. Sementara itu, penjualan produk kernel sawit turun 7 persen toy menjadi 64.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Landainya Harga CPO Bayangi Sawit Grup Salim, Saham Menarik?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.