Langkah Bankir BUMN Antisipasi Ancaman Peningkatan NPL di 2024

Kalangan perbankan melihat adanya potensi peningkatan NPL pada 2024 mendatang. Masing-masing bank pun mengungkapkan langkah antisipasi yang telah dipersiapkan untuk menanggulangi risiko tersebut.

Arlina Satiti Mugi Laras

14 Des 2023 - 19.12
A-
A+
Langkah Bankir BUMN Antisipasi Ancaman Peningkatan NPL di 2024

Bisnis, JAKARTA — Rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) di industri perbankan diproyeksi meningkat pada 2024. Kalangan perbankan pun, khususnya bank-bank BUMN, membeberkan langkah mereka untuk memitigasi risiko.

Chief Economist PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Anton Hendranata, mengatakan bahwa potensi peningkatan kredit bermasalah tahun depan adalah karena perlambatan ekonomi domestik yang berdampak pada perlambatan daya beli dan penurunan pendapatan. Hal ini akan mengganggu kemampuan bayar debitur.

Dia juga melihat bahwa NPL bisa meningkat karena kolektibilitas kredit perbankan yang berada dalam pengawasan khusus dan kredit kurang lancar yang naik.

“Tren NPL perbankan memang menurun. Namun, ada tren kenaikan kolektabilitas 2 dalam pengawasan khusus dan Kol-3 yang kurang lancar yang cenderung meningkat. Kalau strategi salah di perbankan, maka ini bisa mendorong NPL naik,” ujarnya dalam Seminar Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024, dikutip Kamis (14/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Langkah Bankir BUMN Antisipasi Ancaman Peningkatan NPL di 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.