Langkah Konsolidasi BPD di Tengah Kinerja Lesu Laba Bersih

Kalangan BPD mengalami pelemahan kinerja sepanjang 2023 lalu akibat naiknya beban dana seiring dengan peningkatan suku bunga acuan. Tahun ini, di tengah upaya peningkatan kinerja, sejumlah BPD akan disibukkan oleh upaya pemenuhan modal inti minimum Rp3 triliun.

Tim Redaksi

16 Jan 2024 - 14.14
A-
A+
Langkah Konsolidasi BPD di Tengah Kinerja Lesu Laba Bersih

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah besar bank pembangunan daerah atau BPD bakal berlomba untuk memenuhi ketentuan batasan modal inti minimum tahun ini di tengah tantangan momentum pergantian pejabat pemerintahan. 

Kondisi BPD sebagai bank yang dimiliki oleh pemerintah daerah menjadikan langkah aksi korporasi kelompok bank ini harus melewati proses politik yang relatif lebih panjang dibanding bank-bank umum swasta.

Meskipun demikian, sejumlah BPD tampaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan strategi untuk memenuhi modal inti minimum Rp3 triliun tahun ini, sebagaimana dipersyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lagi pula, BPD telah diberikan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan pemenuhan aturan ini, di saat bank-bank umum justru sudah memenuhi aturan tersebut sejak akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Langkah Konsolidasi BPD di Tengah Kinerja Lesu Laba Bersih

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.